Toyota Innova Crysta merupakan generasi kedua dari Toyota Innova dengan tipe tertinggi 2.8 Z sedangkan Toyota Innova di Indonesia hadir dengan tipe tertinggi 2.4 Q. Toyota Kirloskar Motor (TKM) sebagai APM Toyota di India menghadirkan Innova Crysta di Delhi Auto Expo 2016 sebagai All New Kijang Innova. 

Keduanya memang sama-sama menggunakan Toyota New Global Architecture (TNGA) hanya saja dilengkapi dengan sasis ladder frame. Untuk dimensi mobil yaitu panjang 4.735 mm x lebar 1.830 mm x tinggi 1.795 mm dan wheelbase 2.750 mm. Namun tentu saja keduanya memiliki perbedaan yang signifikan antara varian tertinggi TKM di India dan varian tertinggi Innova di tanah air. 

Daftar isi:

Interior Innova Crysta

Salah satu hal yang unik dan berhasil menarik perhatian para penggemar Innova yaitu terdapat pada bagian interiornya. Apabila masuk ke bagian kabin, anda akan merasakan kenyamanan dan kemewahan yang ditawarkan dengan ruang kabin yang luas bahkan dapat membuat kaki tetap nyaman baik itu untuk bagian tengah maupun bagian belakang. 

Bagian bagasi Innova Crysta juga cukup lebar apalagi jika kursi baris ketiga dilipat. Bagi yang duduk di kursi baris tiga juga tidak perlu khawatir karena sudah dilengkapi dengan aliran AC dengan pengaturan digital. Terdapat juga tombol penggeser kursi depan sehingga akan memudahkan anda menambahkan ruang kaki sehingga menjadi lebih lega dan nyaman. 

Interior Innova Crysta 2021 juga akan terasa lebih elegan karena penggunaan bahan kulit yang menyelimuti pilar pintu dan juga menyelimuti jok tempat duduk. Desain interior akan terlihat lebih mewah dan juga menambah kenyamanan. Pada bagian jok bahkan disematkan logo Innova Crysta Leadership Edition.

Dilengkapi juga ambient light yang menambahkan kesan elegan apalagi saat terkena tambahan bahan kulit berwarna coklat tersebut. Hal ini berbeda dengan All New Toyota Kijang Innova yang masih menggunakan bahan fabric pada trim pintu dan joknya. 

interior innova crysta 2020
interior innova crysta 2020

Apabila dilihat dari fitur hiburannya, Innova Crysta hadir dengan head unit layar sentuh dengan ukuran 7 inci, lebih kecil dibandingkan dengan 8 inci milik All New Toyota Kijang Innova. Bahkan pada bagian setir juga memiliki perbedaan di mana Innova Crysta 2.8 Z sudah menggunakan fitur cruise control yang tidak ada pada Innova 2.4 Q. 

Selain cruise control dan head unit layar sentuh, Innova Crysta juga dilengkapi dengan sistem navigasi yang mudah dikontrol serta pemutar DVD. Terdapat juga meja di kursi belakang serta airbag pada bagian lutut pengemudi, pengemudi, dan penumpang depan serta memiliki captain seats. 

Innova Crysta 2020 telah mengadopsi smart entry key yang menggunakan aksen gradasi biru yang disesuaikan dengan interior mobil. Menutup pintu belakang juga akan lebih mudah dengan back door easy closer. Untuk mendukung aerodinamika, terdapat bagian Shark Fin Antenna yang sudah terintegrasi dengan spoiler belakang. 

Mesin Innova Crysta

Selain interior Innova Crysta yang berhasil menarik perhatian, mesin Innova Crysta Leadership Edition juga patut mendapatkan apresiasi. Terdapat 3 pilihan mesin yaitu diesel 2.4 L, bensin 2.7 L, dan diesel 2.8 L.

Untuk varian mesin diesel BS-IV 2GD-FTV 2,4 liter mampu menghasilkan tenaga 110 kW pada putaran mesin 3400 rpm dan torsi 343 Nm pada putaran 1400 hingga 2800 rpm dengan transmisi 5 percepatan manual. 

Untuk varian mesin bensin BS-IV 2TR FE 2,7 liter, Dual VVT-i menghasilkan tenaga 122 kW pada putaran 5200 rpm dan torsi 245 Nm pada putaran 4000 rpm yang dikombinasikan dengan 5 percepatan manual atau 6 percepatan manual. 

Sedangkan untuk varian tertinggi yang menggunakan mesin BS-IV 2,7 liter 1GD-FTV mampu menghasilkan tenaga 128 kW pada 3400 rpm dan torsi 360 Nm pada putaran 1200-3400 rpm yang menggunakan transmisi 6 percepatan otomatis. 

toyota innova crysta thailand 2020
Chiangmai, Thailand – January 17 2020: New Toyota Innova Crysta, PREMIUM CROSSOVER MPV. Photo at road no 121 about 8 km from downtown Chiangmai, thailand.

Harga Innova Crysta

Banyak yang menganggap bahwa harga Innova Crysta 2.8 Z lebih mahal dibandingkan Innova 2.4 Q namun ternyata Toyota Innova Crysta tipe 2.8 Z di India diperkirakan dijual dengan harga sekitar Rp 360-380 jutaan sedangkan untuk Toyota Innova dibanderol dengan harga sekitar Rp 400 jutaan

Write A Comment