Hyundai Motor Corporation (HMC) meluncurkan Hyundai Santa Fe 2021 setelah sebelumnya merilis teaser resmi Santa Fe Facelift ini. Meskipun desain Santa Fe tidak mengalami banyak perubahan, perubahan lebih signifikan terjadi pada sisi platform, dapurpacu, dan juga fitur-fiturnya yang tentu saja lebih canggih. HMC juga sudah merilis informasi resmi mengenai rincian mesin Santa Fe Facelift. 

Mesin Hyundai Santa Fe 2021

Hyundai mulai meng-elektrifikasi Santa Fe dengan menyediakan varian Hybrid dan Plug-in Hybrid. Varian Hybrid dilengkapi dengan mesin bensin 1.6 liter turbo dengan output 59 Hp (44 kW/60 Ps) yang juga dipadukan dengan motor listrik yang ditenagai dengan baterai lithium-ion 1,49 kWh. Gabungan dari mesin tersebut menghasilkan tenaga 227 Hp (169 kW/230 Ps) dan torsi maksimum hingga 350 Nm (258 lb-ft). 

Sedangkan varian Plug-in Hybrid juga menggunakan mesin turbo 1,6 liter. Hanya saja kapasitas baterainya lebih besar menjadi 13,8 kWh serta spesifikasi dengan output 90 Hp (67 kW/91 Ps). Perpaduan ini mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 261 Hp (195 kW/265 Ps) dan torsi maksimum 350 Nm (258 lb-ft). Namun model eksklusif ini dengan all-wheel drive baru akan dipasarkan pada tahun 2021.

Varian diesel merupakan model global yang masih tetap disediakan dengan mesin Smart-stream 2,2 liter 4 silinder yang menghasilkan 199 Hp (149 kW/202 Ps) dan torsi maksimum 440 Nm (324 lb-ft). Mesin ini sudah memiliki performa yang ditingkatkan berkat adanya revisi pada bagian mesin yang diganti menjadi aluminium hingga beratnya berkurang hingga 19,5 kg dibandingkan versi sebelumnya. 

Transmisi yang digunakan yaitu dual-clutch 8 percepatan yang diklaim dapat memberikan akselerasi yang handal dan juga efisiensi bbm yang lebih baik dikarenakan penggunaan camshaft dan sistem injeksi bahan bakar yang baru. 

Platform Hyundai Santa Fe 2021

Selain keunggulan pada mesinnya, platform Santa Fe 2021 juga memiliki keunggulan yang mampu menghasilkan performa yang lebih signifikan termasuk pengendalian dan juga efisiensi bahan bakar serta keselamatan saat berkendara. Hal ini yang membuat Hyundai Santa Fe 2021 tampak baru meskipun tidak ada perubahan desain yang signifikan. Keunggulan platform baru Hyundai Santa Fe yaitu:  

tampak samping santa fe 2021
Tampak samping santa fe 2021
  1. Lebih ringan namun lebih stabil

Meskipun Hyundai telah mengganti beberapa bagian agar bobot mobil menjadi lebih ringan, namun mobil tetap lebih stabil karena adanya titik gravitasi yang lebih rendah. 

  1. Lebih senyap

Platform ini juga memperkuat titik-titik getaran sensitif sehingga mobil akan lebih senyap terhadap suara dan getaran. Hal ini membuat ruang kabin lebih nyaman karena getaran dan suara yang teredam dengan baik.

  1. Membuat kabin lebih lapang

Ruang kabin juga menjadi lebih lapang dengan ruang kaki pada baris kedua yang ditambah 3 cm dan 4 cm pada baris ketiga. Penambahan ruang kaki ini juga berdampak pada ruang bagasi yang lebih luas sehingga kabin belakang akan lebih nyaman bagi orang dewasa. 

  1. Pengendalian mobil lebih presisi

Platform yang direvisi membuat lengan kemudi lebih dekat ke bagian tengah roda depan sehingga pengendalian akan lebih tepat dan juga gesit. 

  1. Lebih Aman

Mobil baru Santa Fe ini menggunakan struktur jalur multiload, hot stamping, dan juga pelat baja berkekuatan super tinggi agar dapat menyerap dampak dari benturan yang lebih baik serta melindungi perubahan bentuk ruang apabila terjadi tabrakan. 

Fitur Santa Fe 2021

Tampilan depan santa fe 2021
Tampilan depan santa fe 2021

Santa Fe termasuk line up SUV Hyundai terlaris yang bersaing dengan SUV premium dari brand-brand lainnya. Maka dari itu Santa Fe 2021 terbaru menghadirkan berbagai fitur baru yang lebih canggih: 

  1. Mode Mengemudi

Santa Fe sudah dilengkapi dengan banyak mode mengemudi seperti pada mobil mewah Erpa seperti Eco (hemat), Snow (salju), Sport and Comfort (nyaman), Sand (pasir), Mud (lumpur). Bahkan ada juga moda mengemudi Smart yang dapat mendeteksi secara otomatis mode kemudi yang paling tepat untuk pengendara. 

  1. Driving Assist

Hyundai Santa Fe juga menambahkan fitur bantuan mengemudi yang lebih canggih dengan dukungan perangkat sensor seperti forward collision-avoidance assist, lane following assist, blind-spot collision-avoidance assist, blind-spot collision warning, blind-spot view monitor, safe exit assist, cruise control systems, dan fitur-fitur canggih lainnya.

Write A Comment