Ini Perbedaan Epoxy Primer dan Epoxy Surfacer

Perbedaan epoxy primer dan epoxy surfacer harus Anda ketahui dengan jelas karena jika Anda mengetahui fungsi secara tepat maka Anda akan mendapat hasil akhir dengan maksimal. Selain digunakan untuk dinding, lantai ataupun plafon, epoxy primer maupun epoxy surfacer dapat digunakan untuk melapisi logam yang mempunyai sifat mudah berkarat. 

Epoxy primer dan juga epoxy surfacer merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan untuk menghasilkan lapisan akhir yang maksimal. Namun pengaplikasian dan urutan pengaplikasian harus secara benar. Sehingga memperoleh hasil yang indah dan memuaskan. Berikut ini adalah perbedaan epoxy primer dan epoxy surfacer:

Perbedaan Epoxy Primer dan Surfacer

Epoxy primer

Epoxy primer merupakan bagian penting dan paling awal yang harus diaplikasikan pada dinding, lantai, plafon, logam maupun mobil. Epoxy primer terdiri dari dua komponen dari epoxy amine yang diracik khusus sehingga menghasilkan akhir yang bagus yaitu halus dan mudah diratakan menggunakan amplas. 

Epoxy primer merupakan lapisan cat dasar yang paling banyak  digunakan untuk auto refinishing pada mobil, motor, besi lampu jalan, baja dan permukaan lain sebagainya terutama bahan yang mudah berkarat. Selain untuk menunda proses berkarat, epoxy primer juga dapat digunakan untuk menutupi pori-pori, goresan, tahan air dan juga sambungan dempul pada mobil atau kendaraan yang lain serta dapat melekat dengan sempurna terutama pada logam.

Epoxy surfacer

Lapisan epoxy surfacer sangat berguna khususnya untuk melindungi cat dasar pada kendaraan seperti mobil. Selain berguna untuk melindungi cat dasar mobil, dinding, lantai, plafon dan jenis logam lainnya, fungsi penting dari epoxy surfacer adalah melindungi dari bahan-bahan pengencer pada produk lapisan yang akan digunakan untuk melapisi cat mobil serta mempunyai daya pelekat yang sudah tidak dapat diragukan lagi. 

Kelebihan lain yang membuat epoxy surfacer banyak digunakan adalah mampu memberikan warna yang sangat mirip dengan warna asli atau warna sebelumnya. Sehingga sangat tepat Anda gunakan untuk berbagai macam benda yang sudah berwarna.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diambil kesimpulan perbedaan antara epoxy primer dan juga epoxy surfacer diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Epoxy primer berfungsi sebagai cat warna dasar setelah dilakukan perontokkan cat atau pembongkaran bagian mobil khususnya, sedangkan epoxy surfacer diaplikasikan setelah pewarnaan dasar dilakukan.
  • Fungsi dari epoxy primer yaitu dapat melindungi bahan logam khususnya dari karat, sedangkan epoxy surfacer berfungsi untuk menjaga warna dasar agar tetap tidak berubah.
  • Penggunaan epoxy primer pada mobil khususnya harus dilakukan perontokan warna asli terlebih dahulu, sedangkan epoxy surfacer langsung dapat menutup warna asli mobil sehingga sangat cocok digunakan untuk menindih warna mobil sebelumnya.

Demikian itu adalah penjelasan lengkap tentang perbedaan epoxy primer dan epoxy surfacer. Semoga bermanfaat.

Artikel ini disponsori oleh PAN Epoxy Lantai