Setiap orang tua tentu ingin agar anaknya tumbuh dan dapat berkembang secara maksimal, tak terkecuali dengan tinggi badan. Nah, untuk mempercepat pertumbuhan anak, tidak hanya nutrisi saja yang harus dicukupi seperti makanan sehat dan asupan bergizi. 

Melainkan, olahraga juga penting untuk bantu tumbuh kembang si kecil. Lantas, jenis olahraga yang bantu anak tumbuh tinggi apa saja yang dapat dilakukan? 

Nah, informasi selengkapnya akan kami berikan untuk Anda pada ulasan kali ini. Pastikan Anda melatih anak untuk menjalankan aktivitas olahraga tersebut agar pertumbuhan tinggi si kecil maksimal. Akan lebih baik lagi jika olahraga ini dilengkapi dengan asupan rutin bergizi seperti susu untuk tinggi badan. So, let’s check these out!

Olahraga yang Bantu Anak Tumbuh Tinggi 

Olahraga renang 

Salah satu jenis olahraga yang bantu anak tumbuh tinggi adalah renang. Fungsi dan manfaat renang untuk menambah tinggi badan anak bukan mitos lagi melainkan memang merupakan suatu fakta. Renang merupakan suatu jenis olahraga yang dapat membantu anak memperkuat tulang bagian belakang tubuh dan membuat postur tubuh anak jauh lebih baik. 

Karena itu, renang menjadi salah satu cara yang sangat ampuh untuk membantu anak tumbuh tinggi lebih cepat jika melakukan aktivitas ini secara rutin setidaknya 1 kali dalam seminggu. Ketika sedang berenang, otot tubuh Anda semuanya akan bergerak. Jadi pergerakannya tidak hanya bertumpu pada satu atau dua bagian tubuh saja, melainkan pergerakannya terjadi pada seluruh tubuh dari kepala sampai kaki. 

Utamanya otot kaki dan tangan akan bekerja secara maksimal ketika berenang. Dengan menjalankan aktivitas renang, olahraga jenis ini selain dapat membantu tumbuh kembang anak juga dapat menjadi salah satu jenis olahraga terbaik yang dapat memangkas kalori didalam tubuh secara maksimal. 

Olahraga basket

Olahraga basket merupakan jenis permainan menyenangkan yang menjadikan seseorang berlari dan melompat secara aktif. Ketika tubuh sedang berlari dan melompat dalam tempo yang sering, maka lempeng pertumbuhannya akan mengalami guncangan. 

Guncangan tersebut menjadikan banyak aliran darah ke dalam lempeng keluar masuk yang sangat bermanfaat untuk membantu merangsang pertumbuhan sampai mencapai tinggi yang maksimal. Karena itu, seringkali tentunya Anda menyaksikan pemain basket yang tingginya bahkan di atas rata – rata. 

Ada yang tingginya 180 cm bahkan di atas 190 cm. Jika Anda ingin anak Anda memiliki tubuh tinggi di atas rata – rata wajib bagi Anda menganjurkan si kecil latihan olahraga basket sejak kecil. 

Olahraga sepakbola 

Jenis olahraga lain yang juga sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan adalah olahraga sepakbola. Bermain sepakbola memang secara ampuh dapat merangsang pertumbuhan dan sekaligus membantu agar seseorang dapat tumbuh tinggi secara alami. 

Sepakbola menjadi sebuah kegiatan yang membuat Anda harus sering berlari. Aktivitas berlari mengejar bola merupakan aktivitas yang dapat membantu meregangkan otot lutut dan otot paha yang membantu Anda mendapatkan tubuh yang tinggi secara maksimal. 

Seluruh kegiatan yang dilakukan dalam aktivitas bermain bola merupakan kegiatan yang sangat ampuh untuk membantu lempeng pertumbuhan menerima darah yang kaya kandungan oksigen dan melancarkan produksi hormone pertumbuhan dalam tubuh. 

Aktivitas bersepeda

Siapa sih yang nggak suka bersepeda? 

Apalagi anak – anak yang memang berada di usia ingin tahu dan usia aktif, pasti sangat suka bersepeda. Nah, aktivitas yang satu ini tidak hanya akan membantu anak dalam meningkatkan stamina tubuh melainkan juga dapat membantu anak tumbuh tinggi lebih cepat. 

Aktivitas mengayuh sepeda akan mengakibatkan tubuh bagian bawah mengalami tugas berat sehingga hal tersebut dapat membantu aliran darah pada otot paha dan lutut meningkat sehingga tubuh akan semakin tinggi. 

Aktivitas lompat tali

Lompat tali menjadi cara lama untuk menambah tinggi badan. Cara sederhana dan cara lama ini khasiatnya benar – benar dapat dirasakan. Olahraga lompat tali merupakan jenis aktivitas olahraga yang mengharuskan seseorang untuk melompat terus menerus dan menggunakan tubuh di udara. 

Ketika melompat memanjang, tubuh akan mengalami peregangan dan kontraksi akan terjadi sehingga dapat membantu meninggikan badan lebih cepat. Terdapat banyak saraf yang berasal dari telapak kaki dan terhubung nantinya dengan tubuh bagian atas Anda. 

Ketika tali diputar, otot akan menegang dan kontraksi akan terjadi sehingga hormon pertumbuhan akan dihasilkan. Hal inilah yang menjadikan lompat tali dapat mengakibatkan seseorang dapat tumbuh lebih cepat. 

Itulah beberapa jenis olahraga yang bantu anak tumbuh tinggi dan dapat Anda anjurkan untuk si kecil. Ajak si kecil agar selalu mau menjalankan aktivitas olahraga yang penuh manfaat di atas untuk menunjang tumbuh kembangnya.

Write A Comment