Roller-Blinds untuk kantor

Mengenal Fungsi Roller Blinds dan Jenis-Jenisnya

Perkembangan dunia arsitektur yang semakin berkembang membuat para arsitektur atau desainer mulai berpikir lebih kreatif bagaimana cara menambah estetika ruangan dengan tirai jendela yang bagus namun tetap minim budget. Jenis tirai jendela yang paling umum digunakan yaitu gorden. Selain gorden juga terdapat roller blinds.

Gorden dan roller blinds merupakan dua jenis tirai jendela yang berbeda namun sama-sama dapat memberikan cahaya matahari yang diinginkan serta tidak menghambat sirkulasi udara. Gorden biasanya menggunakan bahan kain yang terdiri dari sisi kiri dan kanan sehingga nantinya masing-masing sisi dapat diikat atau ditarik ke samping.

Roller blinds juga menggunakan jenis bahan kain tertentu. Desainnya juga lebih simple dan memberikan kesan modern dan minimalis.  Hanya saja penggunaan roller blinds yaitu dengan cara menggulungnya ke atas dengan menarik slings yang ada di bagian samping roller blinds.

Tidak semua tema ruangan cocok menggunakan gorden maupun roller blinds sehingga harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Namun lebih banyak orang memilih menggunakan roller blinds dengan pilihan desain dan model yang sesuai dengan konsep ruangan karena harganya yang jauh lebih murah namun masih tetap dapat menambah estetika ruangan.

Model Roller Blinds

Terdapat beberapa pilihan model roller blinds yang bagus untuk menghiasi rumah anda yaitu:

1. Horizontal blinds

Horizontal blinds memiliki slats dengan lebar yang kecil dan disusun secara horizontal sehingga cara penggunaannya yaitu dengan ditarik ke atas. Model roller blinds ini cocok digunakan pada ruang keluarga atau ruang santai sehingga dapat memberikan kesan ruangan yang lebih luas.

2. Vertical blinds

Hampir sama dengan horizontal blinds, vertical blinds memiliki slats yang disusun secara horizontal sehingga tidak memberikan kesan sempit pada ruangan. Vertical blinds maupun horizontal blinds juga dapat digunakan pada ruangan kantor sehingga lebih rapi dan tidak memenuhi ruangan. 

vertical roller blinds
vertical roller blinds

Fungsi Roller Blinds

Roller blinds dapat digunakan baik pada rumah, apartemen, hotel, hingga kantor bahkan juga sering digunakan pada cafe dan restoran yang bergaya modern minimalis. Roller blinds juga memiliki fungsi dan manfaatnya yang unik selain memperindah ruangan yaitu : 

1. Dapat mengatur intensitas cahaya matahari atau cahaya lampu yang masuk ke dalam ruangan. Anda bisa membuka semuanya apabila ingin lebih banyak cahaya masuk atau menutupnya untuk menjaga privasi dan menghalangi cahaya. Anda juga dapat membuka sedikit atau sebagian roller blinds sesuai keinginan anda. 

2. Ruangan tidak akan terasa panas karena dilindungi oleh roller blinds.

3. Penggunaan yang mudah yaitu cukup dengan menarik slings untuk menaikkan atau menurunkan roller blinds. 

4. Memiliki desain yang beragam sehingga dapat mempercantik ruangan dan mudah disesuaikan dengan tema ruangan.

Roller blinds cocok untuk formal dan ruang keluarga
Roller blinds cocok untuk formal dan ruang keluarga

Umumnya roller blinds digunakan secara manual yaitu dengan menarik slings. Namun teknologi yang semakin canggih memungkinkan roller blinds dioperasikan secara otomatis dengan menggunakan remote control. Jadi roller blinds akan terbuka atau tertutup dengan sendirinya hanya dengan memencet remote control sehingga lebih praktis dan tidak harus berjalan ke arah jendela untuk mengatur roller blinds. 

Roller blinds juga mudah untuk dibersihkan dan dicuci sehingga tidak harus repot dalam perawatan roller blinds. Anda bisa membersihkan roller blinds kain dengan vacuum cleaner dan tidak perlu dicuci seperti gorden kain pada umumnya. Bisa juga dengan menggunakan lap kering dan bersih pada roller blinds selain bahan kain. Hindari menggunakan lap basah karena dapat membuat warna roller blinds menjadi pudar.

Leave a Comment