Umroh Pengertian Hukum dan kegiatan Umroh

Umroh Pengertian Hukum dan kegiatan Umroh

tnol.co.id– hallo sobat bro semuanya,di artikel kali ini,kita akan mempelajari tentang Umroh.di pembahasan kita kali ini kita akan membahas tentang pengertian umroh,hukum umroh dan kegiatan apa saja yang dilakukan saat umroh.

Ok sobat bro semuanya,kita langsung saja masuk ke pembahsan utama kita yaitu tentang Pengertian umroh.

Sobat bro,Umroh adalah ziarah ke Baitullah dengan thawaf (mengelilingi ka’bah 7 kali), sa’i (berlari-lari kecil) diantara dua bukit: Shafa dan Marwah, hingga diakhiri dengan mencukur gundul ataupun memendekkan rambut kepala.

Ibadah satu ini sangat di inginkan sekali dan di damba-dambakan khususnya buat umat muslim sendiri.saat itupun, umat muslim dapat beribadah  dan bersujud dengan khusyuk di rumah Allah. 

Hukum umroh

safanatour.comSumber

Para ulama berpendapat tentang hukum umroh ini,di antaranya huku umroh ini di bagi menjadi 2 yaitu Sunnah dan Wajib. Beberapa ulama yang berpendapat bahwa hukum umroh itu sunnah antar lain seperti  Imam abu Hanifah, Imam Malik, riwayat dari Ibnu Mas’ud, dan pendapat yang dipilih Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

Sementara itu hukum umroh wajib telah di tulis di dalam Al-quran , pada surah Al-Baqoroh ayat 196, وَأَتِمُّوا الْحَجَّ وَالْعُمْرَةَ لِلَّ yang artinya “Dan sempurnakanlah ibadah haji dan ‘umroh karena Allah” (Q.S. Al-Baqarah: 196).

Selain itu ayat ini juga di nperkuat dengan beberapa rujukan sahabat nabi seperti  Umar, Ibnu Abbas, Zaid bin Tsabit radhiyallahu ‘anhum, juga para imam seperti Imam Syafi’i, dan Imam Malik dalam.

Berdasarkan informasi yang di kutif dari aldawoodbarokah.com Kegiatan yang di lakukan ketika kita umroh di bagi menjadi 7 di antaranya:

  1. melakukan Rukun Umroh

Hal yang utama dari perjalanan ibadah umrah adalah menunaikan rukun umrah : ihram, tawwaf, sa’i, tahallul dan tertib

2. Shalat fardhu berjamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Kegiatan satu ini memang wajib dilakukan khusunya buat kita umat muslim.karena solat lima waktu itu sangat penting teruama bila kita melaksanakan sholat lima waktu di Masjidil Haram nilainya 100.000 kali lipat pahalanya jika dibandingkan shalat di tempat lain. Sedangkan shalat di Masjid Nabawi setara dengan 1000 kali lipat dibandingkan shalat di masjid lain kecuali Masjidil Haram.

3. Ibadah sunah di Masjidil haram

Selain kita melaksanakn sholat fardhu,kita juga bisa melaksanakan ibadah lainnya saat berada di masjidil haram di antaranya shalat rawatib, shalat dhuha, shalat tahajjud,dan shalat sunnah lainnya. 

4. Melakukan ibadah Sunnah di Masjid Nabawi

Ketika kita melakukan ibadah di Masjid nabawi anda jangan sampai melewatkan ibadah di  Raudatul Jannah atau Raudhah, dua tempat ini sangat bagus untuk kita mendapatkan pahala yang maksimal dan kita juga dianjurkan beri’tikaf, shalat sunnah, bersalawat, berdzikir dan berdoa di Masjid Nabawi dan di Raudhah,

5. Sholat sunnah di Masjid Quba

Berdasarkan dari Hadits Rasullullah SAW yang telah diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar bahwasannya Rasulullah SAW bersabda: ” Barang siapa yang bersuci di rumahnya, lalu mendatangi Masjid Quba, dan ia salat di dalamnya, maka baginya akan memperoleh pahala seperti pahala mrah” . (HR. Tirmizi no. 298, Ibnu Majah nomor 1401)

6. Membaca Al-quran dan berdzikir

Saat kita melaksanakan ibadah umroh di usahakan untuk selalu mendekatkan diri di antaranya dengan membaca al-quran dan berdzikir.

7.Memanjatkan doa di tempat-tempat mustajab

Kegiatan yang satu ini pastinya kegiatan yang sering di lakukan dan favorit bagi para sobat semuanya saat melakukan ibadah umroh. berdoa di tanah suci merupakan kesempatan yang tidak ternilai harganya, karena Anda sedang bertamu di Baitullah. Maka

Nah itulah informasi yang telah kami rangkum tentang ibadah umroh.semoga bisa menambah motifasi dan pengetahuan khususnya sobat bro yang akan nmelaksanakn ibadah umroh.

Semoga kita bisa melaksanakan dan pergi umroh khusunya buat umat muslim.

Umroh di buka 2021 kapan?

Berapa biaya umroh per orang

Hukum umroh dalam islam

You May Also Like

About the Author: tnolbro

Leave a Reply

Your email address will not be published.