Tanaman Yang Memiliki Khasiat Obat Yang Ada Di Sekitar Rumah

Tnol.co.id.- Tanaman Obat Herbal yang beragam dan memiliki banyak khasiat juga manfaat sering dan dapat dengan mudah kita temukan di sekitar rumah.

Indonesia kaya akan berbagai tanaman juga tumbuhan yang banyak sekali manfaatnya,asalkan di proses dan sesuai takaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi atau badan individu masing-masing.

Sebab dalam Al-Qur”an telah dijelaskan yang artinya:”Makan dan minumlah yang halal dan yang baik.’

Kebiasaan mengkonsumsi tanaman sebagai obat-obatan telah berlangsung sejak ribuan tahun lamanya dan juga telah terbukti dengan beberapa penelitian ilmiyah juga khasiatnyapun telah banyak di rasakan .

Zat alami yang terkandung di dalamnya yang tidak mengandung banyak epec samping sehingga tanaman obat itu bisa di konsumsi sebagai alternatif tanaman herbal.

Berikut beberapa tanaman obat yang sudah terbukti manjur bisa mencegah dan menyembuhkan penyakit dan sudah dirangkum dari berbagai sumber di antaranya ialah:

Mahkota Dewa (Phaleria Macrocarpa)

Indonesia kaya akan tanaman obat,salah satunya yang sangat populer yang berasal dari daerah papua yaitu Mahkota dewa, dan sekarang sudah menyebar di berbagai daerah bahkan banyak sekali yang menanamnya di pekarangan rumah.

Zat aktif pada mahkota dewa ini berguna untuk menangkal maupun mengurangi rasa sakit pada tubuh seseorang juga seperti zat saponim yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Zat Flavonoid yang ada di dalamnya pun terbukti sebagai antioksidan juga mengurangi pembengkakan akibat pendarahan juga mengurangi resiko penyakit jantung koroner.

Zat aktip lainyapun seperti seperti polifenol dan alkoid yang berpungsi sebagai anti alergi dan mampu menetralkan racun dalam tubuh.

Racikannyapun sudah banyak dan mudah kita temukan biasanya berupa teh seduh atau berbentuk kapsul.

Kumis Kucing (Orthosiphon spicatus BBS)

Tanaman yang satu ini sangat mudah dicari sering berada disekitar rumah apalagi di daerah pegunungan mudah merambat dan sangat banyak yaitu Kumis kucing,

Kumis Kucing sangat berkhasiat untuk mengobati masalah saluran kemih, bukan hanya itu saja kumis kucing juga dapat mengobati gangguan ginjal,mengatasi rematik juga batuk.

Kabdungan yang terdapat di dalamnya antara lain Antioksidan dan anti jamur yang sangat bermanfaat untuk menangkal zat asing yang terdapat dalam tubuh dan juga menghindari peradangan.

Secara umum,mengolah tanaman ini bisa dilakukan dengan cara di rebus dengan takaran tiga gelas air menjadi satu gelas lalu meminumnya.

Yang harus lebih diperhatikan walaupun tanaman ini kaya akan manfaat bagi kesehatan,kumis kucing juga tidak baik apabila di konsumsi dalam jangka panjang sebab bisa mengurangi kadar natrium dalam tubuh.

Keji Beling (Stachytarpheta mutabilis)

Tanaman ini mempunyai sebutan lain yaitu kibeling dalam bahasa sunda,picah beling (betawi), Enyoh kelo(jawa).Tanaman Keji beling ini mudah sekali di dapatkan di sekitar rumah juga banyak yang sudah dijadikan obat herbal berbentuk pil, kapsul,juga teh.

Tanaman keji beling bisa di buat teh di seduh, namun untuk mengurangi rangsangan pada lambung menyeduhnya harus dicampur dngan daun wungu.

Tanaman keji beling ini berkhasiat mengobati kencing batu,batu empedu,batu ginjal,diabetes hingga tumor berkatbadanya zat kalium.

Sebab manfaat zat kalium yang terdapat di daun keji beling, dapat melarutkan batu berbentuk garam kalsium oksalat yang biasanya dimiliki penderita batu empedu atau batu ginjal.

Selain itu, manfaat daun keji beling dapat mencegah pertumbuhan sel kanker tanpa mematikan sel normal.

Demikian beberapa atau sebagian manpaat atau tanaman obat herbal semoga bermanfaat,untuk lebih banyak lagi pengetahuan tentang obat -obatan herbal yang dapat di temui disekitar rumah,jangan lupa kunjungi lagi canel tnol.co.id.

You May Also Like

About the Author: tnolbro

Leave a Reply

Your email address will not be published.