Rendang Makanan Ter-Enak Di Dunia

tnol.co.id – Hallo pembaca setia tnol.co.id di kesempatan kali ini saya akan membahas sebuah makanan yang berasal dari Indonesia yang sangat terkenal di berbagai negara yaitu makanan yang dari kota MinangKabau yaitu PADANG bernama Randang atau biasa di sebut Rendang.

Buat kalian pencita kuliner Indonesia tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini, makanan yang terbuat dari daging sapi dengan aneka ragam rempah-rempah dan santan kelapa ini mampu memanjakan lidah orang yang menikmatinya di seluruh Dunia.

Rendang sendiri adalah makanan yang di sajikan dalam hari-hari istimewa seperti Upacara Adat dan hari Raya Idulfitri. Rendang mampu bertahan selama berhari-hari bahkan sampai berminggu-minggu karna memalui proses memasak yang memakan waktu sekitar 4 jam bahkan ada yang sampai 8 jam. hingga yang tersisa tinggal potongan-potongan daging sapi berwarna kehitaman dengan dedak dari satan yang mengering .

Nama Rendang sendiri di ambil dari proses pembuatannya yaitu “meradang” artinya sangat lambat .makna tersebut mengacu pada proses pembuatan Rendang yang cukup lama.

Mengandung bumbu-bumbu yang kaya akan rempah sesuai dengan Negara Indonesia yang begitu kaya akan rempah-rempahnya. selain berbahan dasar daging, Rendang melewati proses pembuatan yang menggunakan bahan yang terbuat dari sari kelapa tua yaitu santan. dan tidak lupa dengan berbagai macam rempah-rempah yang kemudian di haluskan secara bersamaan.

salah satunya seperti cabai, Serai, Lengkuas, Kunyit, Jahe, Bawang Merah dan Bawang Putih, aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai “Pemasak”.

Keunikan dari Rendang adalah penggunaan bumbu-bumbu yang alami, bersifat Antiseptik dan membunuh Bakteri Pantogen. sehingga bersifat sebagai bahan pengawet alami ,tentunya Rendang tidak menggunakan bahan pengawet. Bawang putih, bawang merah, jahe, dan lengkuas diketahui memiliki aktivitas Antimikroba yang kuat.

Tidak mengherankan jika rendang dapat disimpan satu minggu hingga empat minggu. Dengan ketahanan waktu yang cukup lama Rendang di manfaatkan untuk bantuan makanan bagi masyarakat yang sedang di landa bencana di Indonesia.

Rendang memiliki posisi terhormat dalam budaya masyarakat MinangKabau, Rendang memiliki filosofi tersendiri bagi masyarakat Minang Sumatra Barat, yaitu Musyawarah dan Mufakat, yang berangkat dari empat bahan pokok yang melambangkan keutuhan masyarakat Minang.

Secara simbolik, Dagiang (daging sapi) melambangkan “Niniak Mamak” (para pemimpin suku Adat), Karambia (kelapa) melambangkan “Cadiak pandai” (kaum Intelektual), Lado (cabai) melambangkan “Alim Ulama” yang tegas untuk mengajarkan syariat Agama, dan pemasak (bumbu) melambangkan keseluruhan masyarakat Minangkabau.

Dalam tradisi Minangkabau, Rendang adalah hidangan yang wajib disajikan dalam setiap perayaan adat, seperti berbagai upacara Adat Minang, Kenduri atau menyambut tamu kehormatan.

Dalam tradisi Melayu baik di Riau, Bengkulu, Jambi, Palembang, Medan, Lampung. Rendang menjadi hidangan istimewa yang dihidangkan dalam kenduri seperti Khitanan, Pernikahan, dan Ulang Tahun atau perhelatan keagamaan, seperti Idulfitri dan Hari Raya Qurban.

Pada Juli 2011 Rendang di nobatlkan sebagai makanan terenak di dunia mengalahkan 50 makanan yang berasal dari seluruh dunia menurut GO’S CNN, lalu pada September 2011 akhinrnya Rendang menduduki pringkat pertama sebagai makanan terenak di dunia, hingga Juli 2017.

Kalian bisa mencicipi Rendang di berbagai Rumah Makan Minang di daerah masing-masing karena begitu banyak rumah makan Masakan Padang yang menyediakan Rendang, akan tetapi biasanya yang di jual oleh rumah-rumah masakan padang bukanlah Rendang melainkan Kalio.

Kalio merupakan Rendang yang di oleh setengah matang atau hanya melewati proses yang sebentar dan masih berkuah berbeda halnya dengan Rendang yang melewati proses yang lama dan tidak berkuah atau kering.

(artikel ini di buat dari berbagi sumber)

Hanya itu informasi yang bisa admin sampaikan seputar Rendang Makanan Khas Indonesia ter-ENAK di Dunia. Semoga dapat menambah wawasan kalian tentang Rendang. jika kalian suka dengan artikel ini boleh di sahare ke teman-teman kalian untuk berbagi informasi.

Untuk membantu kalian mencari topik serupa masukan kata kunci di bawah ini :

bumbu rendang sapi jawa
rendang merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah
bumbu rendang jengkol padang
kalori 1 potong daging rendang
harga rendang sekilo,

sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya , terima kasih 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *