Pesawat C-17 Globemaster III, Milik Amerika Serikat (AS) Mendarat Di Pekanbaru

https://news.detik.com/berita

Pesawat C-17 Globemaster, mendarat di Pekanbaru, Riau. Mengapa ?

tnol.co.id– Pesawat C-17 Globemaster III milik militer Amerika Serikat (AS) mendarat di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau. Pesawat itu menarik perhatian karena ukurannya yang sangat besar.

Berdasarkan situs resmi Angkatan Udara (AU) AS, Selasa (8/6/2021), C-17 Globemaster diklaim sebagai pesawat kargo paling fleksibel di lingkungan angkatan udara. Pesawat ini disebut dapat melakukan misi pengangkutan udara, penerjunan taktis, hingga mengangkut tandu pasien rawat jalan selama evakuasi aeromedis.

“Ukuran utama efektivitas pengangkutan udara adalah kemampuan untuk secara cepat memproyeksikan dan mempertahankan kekuatan tempur yang efektif di dekat area pertempuran potensial,”

Kepala Penerangan dan Perpustakaan (Kapentak) Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Zukri, mengatakan pesawat milik Amerika Serikat (AS)  tersebut mendarat untuk mendukung latihan tempur antara militer AS dan TNI AU.

Read :  Lirik Lagu New Hope Club Know Me Too Well

Pesawat militer AS itu membawa puluhan personel dan perlengkapan latihan.

https://news.detik.com/berita

“Untuk pesawat C17 ini mendarat dalam rangka mendukung latihan bersama TNI AU dengan AS, USAF (United States Air Force). Latihan mulai 14-24 Juni 2021,”

Dia mengatakan di dalam pesawat tersebut ada kru, teknisi, hingga peralatan untuk kebutuhan latihan bersama. Beliau  mengatakan sejumlah personel AU Amerika Serikat tiba lebih cepat dari waktu yang telah di tetapkan karena akan mengikuti protokol kesehatan berupa isolasi.

Latihan bersama ini, kata Zukri, khusus untuk pesawat tempur F-16. Namun untuk pesawat tempur baru akan tiba di Bumi Lancang Kuning pada 11 Juni mendatang.

“Saat ini baru C-17 saja, tanggal 11 nanti pesawat tempur Amerika dan Skadron III Iswahyudi, Madiun, baru sampai untuk pembukaan tanggal 14 (Juni),” katanya.

Read :  Cara Yang Tepat Menurunkan Angka Pengangguran

Selain pesawat C-17, terdata sudah ada 80 personel tentara AS tiba di Pekanbaru. Tak terkecuali personel TNI dari Mabes TNI AU.

“Personel dari AS sudah ada 80 orang dan dari Mabes AU ada juga. Untuk jumlah pesawat tempur belum Khusus penerbang, dipastikan baru tiba di Riau 3 hari menjelang pembukaan. Penerbang datang dengan pesawat tempur yang akan digunakan saat latihan bersama tidak tahu berapa karena nanti disampaikan saat pembukaan,” kata Zukri.

“Pesawat besar kemarin itu untuk personel, teknisi. Kalau penerbang nanti langsung datang pakai pesawat tempur, karena ini khusus pesawat F-16 Indonesia dan Amerika. Ini tentunya akan lalu lalang di langit Riau,” katanya.

Read :  Resep Sambal Ijo Khas Masakan Padang

Dia mengatakan latihan ini sebelumnya kerap digelar di Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Dia mengatakan latihan ini digelar untuk meningkatkan kerja sama antarmiliter kedua negara dan hubungan bilateral.

Momen kedatangan pesawat militer jumbo ini beredar di media sosial (medsos). Tampak pesawat tersebut dalam posisi mendarat di bandara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *