Makanan Sehat Bagi Tubuh

Tnol.co.id– Halo sobat Tnol kembali lagi dengan admin yang akan selalu memberikan informasi dengan baik, kali ini admin akan membahas tentang kesehatan yaitu Makanan Yang Sehat Bagi Tubuh.

Tubuh juga harus membutuhkan asupan nutrisi dan energi yang diperoleh dari makanan-makanan yang sehat dan bergizi. Di dalam tubuh, makanan yang dikosumsi oleh kita akan mengalami pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Ada beberapa makanan yang sehat bagi tubuh kita dan baik juga untuk dikonsumsi. Yaitu, Sayuran Hijau yang mengandung banyak nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, magnesium, kalsium, zat besi, kalium, dan folat, yang sangat baik baik bagi kesehatan tubuh.

Daripada itu, sayuran hijau juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dengan baik. Selain itu ada banyak pilihan sayuran hijau yang beragam, mulai dari Brokoli, Sawi hijau, kangkung, Bayam, dan beberapa sayuran lainnya.

Untuk itu sayuran hijau juga bisa diolah dengan berbagai macam cara, mulai dari di tumis, direbus, dan ada juga yang dijadikan hiasan makanan.

Makanan Sehat Bagi Tubuh

Selain sayuran, ada juga Buah-buahan yang sangat penting juga bagi tubuh karna banyak mengandung vitamin. Seperti Apel yang mempunyai (vitmain C, serat, antioksidan), Jeruk (vitamin C), PIsang (Kalium), Alpukat (lemak sehat, kalium, dan vitamin C), Strawberry (rendah kalori namun kaya akan antioksidan dan serat), dan banyak lagi buah-buahan yang mengandung vitamin.

Selain Sayur dan Buah, Kacang-kacangan dan Biji-bijian juga termasuk makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi. Kacang-kacangan dan Biji-bijian tidak hanya mengandung protein dan nutrisi yang tinggi, tetapi juga kaya akan vitamin dan mineral, seperti Magnesium dan Vitamin E.

Adapun Maknan laut yang merupakan makanan sehat yang kaya akan Asam Lemak Omega 3 dan yodium. Peneliti juga menjelaskan bahwa orang yang sering mengkonsumsi makanan laut cenderung lebih memiliki resiko rendah terhadap penyakit, termasuk penyakit jantung.

Susu juga dapat mengandung protein, vitamin, mineral, dan lemak sehat. Selain itu, susu merupakan salah satu sumber kalsium terbaik. Untuk memperoleh nutrisi yang terdapat pada susu dapat dikonsumsi secara langsung bisa juga mengonsumsi produk olahan seperti Yoghurt.

Adapun makanan yang perlu dihindari dari berbagai penyakit, mengonsumsi makanan sehat saja tidak cukup karna harus membatasi dan menghindari asupan yang tidak sehat .

Seperti Minuman Tinggi Gula yang tinggi, jika sering dikonsumsi dalam jumlah yang besar maka minuman maka minuman tersebut dapat memicu terjadinya Resistensi Insulin di tubuh. Kondisi ini dapat mennyebabkan berbagai penyakit yang serius. Contoh makanan tinggi gula: Minuman Bersoda, Jus dalam kemasan, dan Minuman yang berenergi sebaiknya dibatasi.

Hindari juga Makanan Cepat saji, makanan jenis ini tidak hanya mengandung kalori yang tinggi tetapi juga rendah nutrisi. Makanan saji juga dapat mendorong makan secara berlebihan sehingga bisa memicu kenaikan berat badan. Contoh makanan cepat saji: Kentang Goreng, Ayam Goreng, dan Daging olahan lainnya.

Agar anda tidak bosan, Konsumsilah makanan sehat yang yang berbeda jenis nya agar nutrisi yang didapat bisa beragam.

Akhir Kata

Sekian yang bisa dapat admin sampaikan, semoga apa yang admin bahas bisa dapat dimengerti, mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dalam pembahasan ini, sekian dan terima kasih.

Sumber: Alodokter.com

You May Also Like

About the Author: tnolbro

Leave a Reply

Your email address will not be published.