Hukum Melaksanakan Ibadah Qurban

Hukum Melaksanakan Ibadah Qurban

Tnol.co.id– Halllo sobat semuanya pada di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian, hukum, waktu, dan tata cara penyembelihan hewan Qurban.

Qurban adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh umat muslim dimana mereka menyembelih hewan qurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam di suatu daerah. Biasanya kurban ini di lakukan pada tanggal 10 Dzul Hijah.

  • Pengertian Qurban

Qurban berasal dari bahasa Arab, yakni “Qurban” yang berarti dekat (قربان). Kurban dalam Islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan, seperti unta, sapi (kerbau), dan kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha dan hari-hari tasyriq sebagai bentuk taqarrub atau mendekatkan diri kepada Allah.

Ibadah kurban sendiri sudah tercantun dalam Al-quran surat (Al-Kautsar: 1 — 3), dan qs. .” (Al-Hajj: 36).Ibadah kurban disyariatkan Allah untuk mengenang Sejarah Idul Adha sendiri yang dialami oleh Nabi Ibrahim as, sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah saw, “Hari-hari itu tidak lain adalah hari-hari untuk makan dan minum serta berdzikir kepada Allah Azza wa Jalla.

  • Waktu penyembelihan hewan kurban

Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang menyembelih sebelum salat, maka sesungguhnya ia menyembelih untuk dirinya. Dan barangsiapa yang menyembelih setelah salat dan khotbah, sesungguhnya ia telah sempurnakan dan ia mendapat sunnah umat Islam.” (HR Bukhari dan Muslim).

Untk penyembelihan hewak kurban ini sendiri biasa di lakukan pada tanggal 10 Dzul Hijah. Untuk hari penyembelihan hewan kurban ini sendiri biasanya di lakukan pada hari-hari tasrik.

  • Hukum melaksanakan ibadah kurban

Ibadah Qurban ini hukumnya sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan). Dari Ummu Salamah ra, Nabi saw bersabda, “Dan jika kalian telah melihat hilal (tanggal) masuknya bulan Dzul Hijjah, dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia membiarkan rambut dan kukunya.” HR Muslim

  • hewan kurban atau hewan sembelihan Qurban

Menurut informasi yang di kutip dari amalqurban.com Dari Abu Hurairah ra berkata, aku pernah mendengar Rasulullah saw bersabda, “Binatang kurban yang paling bagus adalah kambing yang jadza’ (powel/berumur satu tahun).” (HR Ahmad dan Tirmidzi).

  • Penutup

Ok sobat, itulah informasi seputar tentang qurban, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat khususnya untuk para sobat bro semuanya.

You May Also Like

About the Author: tnolbro

Leave a Reply

Your email address will not be published.