Cara Ubah Jaringan 4G ke 5G Di Hp Android

Cara Ubah Jaringan 4G ke 5G Di Hp Android

tnol.co.id– Hallo sobat semuanya, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana “Cara Ubah Jaringan 4G ke 5G Di Hp Android”.

Jaringan 5G ini merupakan pada perangkat telekomunikasi yang kecepatannya bisa mencapai 3x lipat dari generasi yang sebelumnya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas cara-carnya, disini saya akan menjelaskan 5 “Cara Ubah Jaringan 4G ke 5G Di Hp Android menurut informasi yang di kutip dari edaweb.id di antaranya :

  1. Masuk ke menu pengaturan
  2. Mengatur APN baru
  3. konfigurasi server dan protokol APN
  4. Lakukan speedtest
  5. Ubah jaringan menjadi 5G

Ok sobat semuanya itulah langkah-langkah bagaiman “Cara Ubah Jaringan 4G ke 5G Di Hp Android”. Pada artikel kali ini kita akan menjelaskan secara satu-satu.

1. Masuk ke menu pengaturan

Ok sobat langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan masuk ke menu pengaturan. Pada menu pengaturan ini kita dapat memilih pilihan “Kartu Ganda dan Jaringan Seluler”.

Setelah masuk ke menu yang dipilih, kita akan langsung dapat melihat koneksi data dan SIM default yang digunakan untuk koneksi internet. Kemudian pilih menu APN yang tertera di layar ponsel.

APN atau Access Point Name yang ada dalam hp android berfungsi sebagai protokol yang memungkinkan perangkat tersambung baik dengan jaringan internet. sebelum kita merubah jaringan 4G ke 5G, pastikan konfigurasi kartu perdana yg sobat gunakan benar, karena ini akan mempengaruhi konektifitas internet kita.

2. Mengatur APN baru

Setelah kita memilih APN dan mengklik “APN Baru”, setelah itu otomatis akan muncul Kolom pertanyaan yang ada merupakan informasi khusus mencakup profil pengguna, username, password, jenis autentifikasi maupun proxy. Pada APN sobat dapat memasukan 5G.

Setelah itu, sobat akan diarahkan untuk mengisi nama pengguna. Disini pengguna dapat menuliskan “5Gv14” atau bisa yang lainnya,kemudian sobat akan di minta untuk memasukan kata sandi yang soabat akan gunakan.

3. Konfigurasi server dan protokol APN

Cara ubah jaringan 4G ke 5G yang selanjutnya adalah melakukan konfigurasi. Konfigurasi mengacu pada proses pengaturan atau pembuatan bagian yang ada dalam suatu perangkat.

Pada kolom pertanyaan server,sobat dapat mengisinya dengan 8.8.8.8 dan 510 pada MCC. Selain MCC, sobat harus mengisi MNC dengan angka 11. Pada pilihan MCC maupun MNC, beberapa perangkat akan secara otomatis terisi.

Pilih IPv4/IPv6 pada protokol APN dan protokol roaming APN. IPv4 dan IPv6 merupakan dua jenis internet protokol yang dapat dibedakan dari panjang alamatnya.

Setelah itu sobat dapat mengklik tombol selesai di pojok kanan atas dan pilih oke.

4. Lakukan speedtest

Melalui speedtest, pengguna dapat mengecek kecepatan koneksi internet selulernya maupun Wi-Fi yang digunakan. Aplikasi ini dapat diunduh melalui situs Speedtest.net dan dapat diunduh oleh berbagai jenis platform.

5. Ubah jaringan dari 4G ke 5G

Setelah selesai, kita tinggal mengubah jaringan kita dari 4g ke 5G. Setelah itu, cek kecepatan koneksi internet dengan speedtest untuk melihat perbedaannya.

Penutup

Ok sobat, semoga informasi di atas tadi dapat berguna dan bermanfaat bagi sobat semuanya, dan khusunya buat sobat semuanya yang telah membaca artikel ini.

You May Also Like

About the Author: tnolbro

Leave a Reply

Your email address will not be published.