Cara Merawat Sepeda Motor Saat Berpergian Jauh | Begini Caranya

Cara Merawat Sepeda Motor Saat Berpergian Jauh | Begini Caranya

Tnol.co.id, Saat ini sudah banyak jenis motor keluaran terbaru yang menawarkan kelebihannya masing-masing dari setiap produk. Tak banyak pula yang membelinya untuk koleksi dan kebutuhan sehari-hari, seperti untuk mengantar anak ke sekolah, bekerja, dan lain sebagainya.

Menggunakan sepeda motor sering kali terjadi kendala, apalagi yang dipakai untuk kegiatan sehari-hari yang tak jarang sering terjadi masalah akibat kurang perawatannya.

Apalagi digunakan untuk berpergian jauh, entah itu untuk berwisata maupun bersilaturahmi dengan sanak saudara yang jaraknya memerlukan kendaraan khusunya motor.

Saat melakukan perjalanan tersebutlah komponen yang ada di motor seperti mesin dan rem harus berkerja ekstra keras, apalagi melewati jalan yang terjal, berkelok, menurun dan menanjak.

Cara Merawat Sepeda Motor Saat Berpergian Jauh | Begini Caranya

Dikutip dari Tribunnews.com, “Bagi pengguna sepeda motor, setelah berkendara jarak jauh baiknya memperhatikan perawatannya,” saran Wahidin, Senior Manager Aftersales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers, Rabu (26/05/2021).

Beliau menjelaskan, ada beberapa cara merawat sepeda motor saat berpergian jauh. Salah satunya sebagai berikut.

  • Cek Oli

Oli merupakanan komponen penting bagi motor, tanpa oli mesin motor tidak akan berjalan dengan baik. Biasanya saat melakukan perjalanan jauh oli akan cepat panas dan menguap, yang mengakibatkan volumenya berkurang.

Nah, anda perlu mengecek kondisinya atau menggantinya bila perlu. Dealer sendiri biasanya merekomendasikan penggantian oli setiap 2.000 KM, caranya anda hanya perlu mengatur di odo meter (Trip A/Trip B) disetiap mengganti oli.

Selain oli mesin, cek juga oli gardan, khususnya bagi penguna motor matik. Untuk oli matik di rekomendasikan setiap 10.000 KM.

Saat mengganti oli, direkomendasikan oli yang sudah teruji kualitasnya contohnya oli dari dealer. Dia juga mencontohkan, untuk motor Yamaha bisa menggunakan oli Yamalube dan disesuakan dengan jenis motornya.

  • Cek Filter Udara

Selain mengecek oli, Anda juga perlu mengecek kondisi filter angin atau udara, karena berpergian jauh biasanya debu-debu menempel pada bagian motor, salah satunya filter udara. Anda bisa membersihkannya di tempat service, sedangkan pergantian direkomendasikan setiap 15.000 KM.

  • Cek Kondisi Ban

Pola kembang ban juga menentukan kondisi ban tersebut, semakin lama pemakaiannya maka akan semakin tidak terlihat pola kembangnya karena seringnya gesekan ban dengan aspal. Selain itu, cek juga kondisi tekanan angin ban.

“Kita harus cek kondisi ban setaip 12.000 KM atau 1 Tahun pemakaian,” ungkap Wahidin.

  • Cek Gear dan Rantai

Untuk penguna motor gigi dan kopling, cek kencang atau kendornya rantai pada gear, karena perjalanan yang jauh bisa mengakibatkan kondisi rantai kendor, Anda bisa meminta tukang service untuk mengencangkannya, tidak lupa juga beri pelumas agar rantai tidak cepat aus.

“Untuk tipe motor matik dapat cek di bagian CVT dan V Belt,” kata Wahidin.

Masa pemakain rantai yaitu 25.000 KM, apabila sudah memasuki waktu tersebut disarankan untuk segera diganti.

  • Cek Injector

Selain oli, filter udara, gear dan rantai, Anda juga harus mengecek kondisi injector, karena tidak jarang injector motor bermasalah sesudah berpergian jauh. Untuk servicenya direkomendasikan setiap 10.000 KM.

  • Cek Kampas Rem

Saat melewati jalanan yang menurun, biasanya seorang pengendara motor akan mengurangi laju kecepatannya dengan menekan atau menginjak tuas rem.

Apalagi motor matik, tidak adanya penahan tambahan seperti motor gigi atau kopling yang mengakibatkan semakin cepatnya terkikis kampas rem.

Biasanya, jika kampas rem habis ditandai dengan suara denyit pada piringan cakram. Selain itu Anda juga bisa mengeceknya dengan melihat kampas remnya, masih tebal atau sudah tipis, jika sudah tipis segeralah ganti.

  • Mencuci Motor

Saat berkendara, sudah pasti kotoran dan debu menempel pada setiap celah di motor anda. Apalagi saat musim hujan, kotoran serta air hujan akan lebih cepat membuat motor anda berkarat.

Sebaiknya dicuci setelah selesai digunakan, paling tidak membersihkan atau mengelap bagian yang kotor agar bisa mengurangi terjadinya karat pada part-part motor Anda.

You May Also Like

About the Author: tnolbro

Leave a Reply

Your email address will not be published.