Cara Membuat Kerajinan Dari Tanah Liat

Tnol.co.id– Halo sobat Tnol, kembali lagi dengan admin yang akan membahas Cara Membuat Kerajinan Dari Tanah Liat. Untuk itu simak terus pembahasannya.

Tanah liat ini sering menajdi bahan utama untuk membuat kerajinan yang sifatnya mudah untuk diolah. Oleh karena itu, kita bisa berkreasi dengan berbagai macam kerajinan.

Tekstur tanah liat ini, cenderung lebih lengket dan mudah dibentuk saat keadaan basah. Namun, saat kondisinya sedang kering tanah liat mudah hancur dan akan peacah. Tanah liat ini memiliki tekstur yang baik saat akan diolah menjadi kerajinan. Tekstur ini juga tidak boleh terlalu basah karena akan memngaruhi hasil akhirnya.

Adapun Bahan-bahan yang harus disediakan terlebih dulu. Seperti: Tanah liat, kuas, alat ukir, meja putar, air, dan minyak. Untuk bahan yang lainnya bisa juga menggunakan cat air untuk memberi warna pada hasil kerajinan tanah liat.

Cara Membuat Kerajinan Dari Tanah Liat

Setelah alat sudah siap semua, kerajinan tanah liat bisa dimulai. Membentuk tanah menjadi benda yang diinginkan, Proses ini bisa diawali dengan mengambil sedikit demi sedikit tanah liat sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, berikan sedikit air ketanah liat supaya mudah untuk dibentuk.

Pastikan air yang dicampurkan kedalam tanah sesuai tekstur yang diinginkan. Jadi, jangan terlalu banyak mencampurkan air kedalam tanah liat yang akan dibuat, karena nanti teksturnya akan menjadi lembek dan tidak kuat.

Jika pembentukan sudah siap seperti apa yang diinginkan Misalnya, membuat Vas Bunga. Supaya lebih mudah gunakan meja putar sebagai alat pembuatnya.

Setelah sudah siap pembentukan untuk langkah selanjutnya, Mengeringkan Hasil kerajinan tanah liat,. Tanah liat ini akan dijemur terlebih dahulu selama tiga atau empat hari supaya bentuknya dan teksturnya lebih padat.

Langkah selanjutnya yaitu, kerajinan tanah liat dibakar. Karena proses ini tekstur tanah liat akan diubah menjadi lebih padat, keras dan kuat. Tanah liat yang yang dibakar akan berubah warna menjadi warna merah kecoklatan. Untuk pembakarannya juga harus stabil dan tidak boleh terlalu panas karena bisa merusak tanah liat.

Proses terakhir adalah Pemberian warna. Berikan warna pada kerajinan yang sesuai dengan keinginan. Pemberian warna ini bisa dengan cara dituang, disemprot, atau bisa juga menggunakan kuas

Untuk pemberian warna ini disarankan permukaan tanah liat dihaluskan terlebih dahulu, supaya tidak ada permukaan yang mengganjal pada saat diberi warna. Sesudah permukaan tanah halus, pemberian warna bisa mulai dilakukan dengan warna yang diinginkan.

Itulah cara membuat kerajinan dari tanah liat mudah-mudahan apa yang admin sampaikan bisa bermanfaat bagi kita semua

Akhir Kata

Demikian yang bisa dapat admin sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf apabila ada kata yang kurang berkenan dalam pembahasan ini, sekian dan terima kasih.

Sumber: Kompas.com

You May Also Like

About the Author: tnolbro

Leave a Reply

Your email address will not be published.