BTS Meal-Gerai McD Mendadak Di Serbu Penggemar K-pop “ARMY” Dan Para Ojol.

https://www.kompas.com/

tnol.co.id– Gerai McD mendadak menjadi Sorotan untuk saat ini  karena baru baru ini selalu diserbu penggemar K-popers yang berburu paket ekslusif dari idola pelanggannya bertajuk, BTS Meal.

Tak lupa juga untuk para Ojek Online “Ojol” yang dari pagi sudah mengantri menerima pesanan dari para K-popers atau pun non k-popers yang hanya sekedar penasaran dengan adanya BTS Meal yang ada di McD.

Bagi orang awam, BTS meal adalah produk biasa, tapi ternyata tidak demikian bagi para K – popers, terutama para Army (sebutan bagi para penggemar boyband asal Korea Selatan, BTS). Para Army, tampaknya sudah menunggu-nunggu kehadiran BTS Meal ini sangat lama dan sangat dinanti.

https://www.suara.com/

Karena adanya Paket ekslusif dari McD memicu Kerumunan yang sangat banyak di tengah pandemi Covid-19, mengharuskan aparat bertindak tegas. Sejumlah gerai ayam cepat saji itu diminta segera berhenti beroperasi, hingga dijatuhi sanksi.

Pihak McD pun sampai harus mengeluarkan pernyataan, isinya meminta para “BTS ARMY” untuk “mengendalikan diri,” karena paket ekslusif ini akan hadir dalam sebulan ke depan.

 Tidak hanya di Indonesia, kehebohan BTS ARMY akan paket makanan istimewa dengan label boyband Korea Selatan terpopuler saat ini juga terjadi di luar negeri.

Mungkin Jika Yang Belum Tahu Apa yang spesial dari BTS Meal?

1. Kemasan produk berlogo BTS dan berwarna unggu, warna khas BTS.

Warna kemasan yang jelas tidak pernah digunakan di McD sebelum-sebelumnya. Bahkan ada salah satu Army yang sampai mencuci dan menjemur kemasan tersebut, saking antusiasnya.

2. Saus Sweet Chili & Saus Cajun.

 Saus spesial yang dikatakan merupakan saus favorit para members BTS. Saus yang belum pernah ada di McD Indonesia.

  • Dalam marketing, penggunaan selebritas adalah hal yang lumrah. Selebritas bisa terdiri dari orang-orang terkenal yang bergerak di bidang hiburan, atlet terkenal, tokoh politik, pejabat, pengamat ekonomi, sosial, politik juga termasuk

Figur selebritas dapat dilibatkan dalam pemasaran suatu produk antara lain:

1. Memberikan testimoni

Dalam sebuah Testimoni selebritas menjadi bukti kualitas suatu produk. Memberikan suatu “kesaksian” atas kualitas suatu produk.

2. Endorsement

Selebritas yang sudah menyetujui harus meminjamkan nama atau penampilan mereka atas produk tertentu.

 3. Aktor

 Selebritas menampilkan produk sebagai bagian dari karakter pendukung.

 4. Spokes person

Selebritas mewakili produk dalam suatu jangka panjang. Kredibilitas selebritas, kesesuaikan dengan target pasar, dengan produk, daya tarik selebritas, anggaran perusahaan, dan masih banyak lagi faktor yang harus diperhatikan.

Menggunakan Seleberitas Bukan Jaminan?

Menggunakan selebritas bukan jaminan produk akan berhasil. Banyak juga strategi pemasaran menggunakan selebritas yang mengalami kegagalan. Perlu adanya kajian, riset, dan data.

McD tampaknya tidak salah memilih BTS sebagai endorsement. Jumlah penggemar yang sangat besar di Indonesia (dan dunia), kesesuaian antara BTS dengan target pasar McD (anak muda), dengan produk (makanan), daya tarik BTS, merupakan faktor penentu keberhasilan launching produk BTS Meal ini.

Kesuksesan launching pada hari ini tidak terlepas dari bagaimana McD menyiapkan strategi ini.

Dikutip dari Tempo.co, dijelaskan bahwa sebelum peluncuran BTS Meal, McD telah melakukan berbagai persiapan termasuk mempelajari terlebih dahulu karakteristik para Army di berbagai daerah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *