Ada dua metode menghilangkan rambut khususnya bulu halus di tubuh yang bisa dilakukan. Kedua metode tersebut yaitu waxing dan mencukur rambut di tubuh. Keduanya merupakan metode menghilangkan bulu halus di tubuh dengan cara yang berbeda. 

Lantas, apa sih sebenarnya perbedaan keduanya?    

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi selengkapnya untuk Anda tentang apa perbedaan kedua metode menghilangkan bulu halus di tubuh baik itu waxing seperti waxing bulu ketiak atau mencukur rambut di tubuh. Informasi selengkapnya dapat Anda simak dalam ulasan berikut ini!

Perbedaan Waxing dan Mencukur Rambut di Tubuh

Waxing dan mencukur rambut memang merupakan dua metode menghilangkan rambut atau bulu halus di tubuh dengan cara yang berbeda. Waxing merupakan metode menghilangkan bulu rambut menggunakan lilin. 

Sementara mencukur rambut merupakan metode menghilangkan bulu rambut dengan silet yang biasa dilakukan orang. Kini, kita akan membahasnya dari berbagai segi. 

Perbedaan waxing dan mencukur dari segi biaya

Dari segi biaya, mencukur rambut di tubuh dengan silet tentu memakan biaya yang sangat murah. Mencukur rambut di tubuh dengan menggunakan silet juga menjadi sebuah cara sederhana yang paling banyak dilakukan orang untuk mencukur rambut di tubuh. 

Sementara waxing butuh biaya yang lebih mahal untuk mencukur rambut di tubuh dibandingkan hanya dengan menggunakan silet atau mencukur. Namun secara keseluruhan, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. 

Proses pengerjaan waxing dan mencukur berbeda

Ketika Anda menghilangkan bulu rambut di tubuh dengan silet atau mencukur, maka Anda bisa melakukannya dimana saja dengan harga yang murah. Anda hanya tinggal sediakan silet dan krim khusus untuk mencukur dan kemudian Anda bisa melakukannya sendiri di rumah

Sementara ketika Anda memilih metode waxing, Anda masih harus menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Metode waxing merupakan metode menghilangkan bulu halus atau rambut di tubuh dengan mengoleskan wax secara merata kemudian ditutup dengan strip atau plester. Selang beberapa lama plester atau strip tersebut ditarik dan rambut halus akan tercabut sampai ke akarnya. 

Jika Anda malas melakukan sendiri dengan membeli peralatan waxing di rumah yang harganya tentu lebih mahal dibandingkan hanya menggunakan silet, Anda bisa melakukan waxing di salon kecantikan. Sudah banyak salon kecantikan yang saat ini menyediakan waxing untuk clientnya. Namun kembali lagi ke soal biaya, budget yang Anda harus keluarkan juga sangat besar. 

Kelebihan dan kekurangan waxing serta mencukur

Menghilangkan bulu rambut dengan mencukur memang murah dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Akan tetapi mencukur tetap punya kekurangan. Ketika Anda bercukur dengan silet misalnya, hanya permukaan rambut di tubuh Anda saja yang terlepas. 

Rambut yang dicukur akan tumbuh kembali dalam waktu satu minggu. Karena itu jika Anda memutuskan untuk menghilangkan rambut di tubuh atau bulu rambut di tubuh dengan mencukur, maka Anda harus melakukannya secara rutin. 

Hanya saja kalau mencukur dilakukan secara rutin, Anda akan merasa rambut yang Anda cukur tadi semakin lama akan semakin tebal. Hal tersebut karena adanya sifat alami rambut yang akan selalu tumbuh lebih lebat setiap kali Anda memangkasnya. 

Ketika Anda menghilangkan bulu rambut dengan mencukur, resiko Anda terluka juga akan lebih tinggi. Ketika terjadi goresan antara silet dengan kulit, resiko infeksi kulit juga akan terjadi sebagai kesalahan dalam proses mencukur yang Anda lakukan. 

Selain itu, seringkali ketika mencukur Anda akan merasa nyeri setelahnya karena proses mencukur bulu rambut di tubuh pasti akan melukai lapisan kulit Anda yang paling luar. Lantas bagaimana dengan proses waxing? 

Ketika Anda mencukur atau menghilangkan bulu halus di tubuh dengan waxing, pertumbuhan kembali rambut akan berkurang karena ketika waxing dilakukan, akar rambut akan mengalami kerusakan sehingga pertumbuhan kembali rambut di area yang di-wax akan sangat lambat. 

Kulit juga akan menjadi halus ketika waxing karena sel kulit mati turut hilang dalam prosesnya. Secara menyeluruh, hasilnya lebih bagus waxing dibandingkan mencukur. Namun waxing juga punya kekurangan karena Anda juga akan merasakan hal yang menyakitkan selama waxing. 

Selain itu, karena waxing dilakukan dengan menggunakan zat kimia buatan, maka efek jangka panjang dari waxing untuk kulit masih belum terjamin 100% keamanannya. 

Itulah beberapa perbedaan antara waxing dan mencukur rambut di tubuh yang Anda perlu tahu. Anda bisa memilih salah satu metode yang sesuai dengan pertimbangan Anda. 

Write A Comment