Water Heater Gas vs Listrik vs Tenaga Surya, Pilih Mana?

Penggunaan water heater di hunian rumah saat ini bukan hanya untuk menghindari air dingin saja, namun untuk sebagian orang water heater dapat dijadikan sebagai penghilang stres, melemaskan otot, dan juga meningkatkan mood. Akhir-akhir ini produk water heater sedang banyak digandrungi terutama oleh keluarga kecil modern yang menerapkan smart living di hunian mereka.

Di pasaran sendiri terdapat beberapa jenis water heater yang dapat dibedakan melalui sumber tenaganya, yaitu menggunakan gas, listrik, atau tenaga matahari. Anda dapat memilih jenis-jenis water heater tersebut dengan menyesuaikan kebutuhan atau keinginan Anda. Sebelum itu, Anda perlu memahami kelebihan-kelebihan ketiga jenis water heater tersebut agar tidak salah memilih untuk hunian Anda.

Artikel ini disponsori oleh: Solahart Water Heater

Kelebihan Water Heater Gas

  • Waktu Pemanasan yang Cepat

Dengan menggunakan water heater tenaga gas Anda hanya butuh waktu sekitar 5 detik setelah kran dibuka untuk menghasilkan air yang hangat. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi Anda yang dapat menggunakan air hangat kapanpun dalam waktu yang cepat dan juga praktis.

  • Harga Unit yang Murah

Water heater tenaga gas pun memiliki harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan unit water heater tenaga listrik atau matahari. Harga dari water heater tenaga gas di pasaran hanya sekitar 500 ribu hingga 1 juta rupiah. Selain itu proses pemasangannya pun tidak memakan biaya yang banyak karena instalasinya yang sederhana.

  • Biaya Pemakaian yang Hemat

Water heater tenaga gas juga memiliki harga pemakaian yang cukup hemat karena untuk kapasitas 1.300 liter air panas Anda hanya membutuhkan gas elpiji 3kg. Hal ini tentu sangat membantu meringankan pengeluaran bagi keluarga-keluarga kecil yang ingin tetap memiliki fasilitas air hangat di hunian rumahnya.

  • Tingkat Keamanan yang Terjamin

Karena terdapat proses pembakaran di dalam proses pemanasan airnya, water heater tenaga gas pun telah menyediakan cerobong untuk mengantisipasi munculnya asap dari hasil proses pembakaran tersebut. Walaupun dari hasil pembakaran tersebut sebenarnya hampir tidak terdapat asap, water heater gas tetap memberikan jaminan keamanan yang tinggi terhadap pelanggannya.

Kelebihan Water Heater Listrik

  • Pemakain yang Praktis

Water Heater dengan tenaga listrik memiliki pemakaian yang cukup praktis karena hanya perlu menyambungkan tangki pemanas air ke sumber listrik untuk dapat langsung digunakan. Anda tidak perlu melakukan pergantian gas atau melihat kondisi cuaca untuk mendapatkan fasilitas air hangat di hunian Anda.

  • Suhu Air dapat Diatur

Dengan menggunakan water heater jenis tenaga listrik Anda dapat mengatur suhu air yang dipanaskan sesuai kebutuhan Anda. Hal ini tentu menjadi salah satu keunggulan utama dari water heater listrik yang jarang dimiliki oleh water heater gas atau sinar matahari.

  • Prinsip Kerjanya yang Sederhana

Water heater listrik pun memiliki prinsip kerja untuk memanaskan air yang sederhana dan tentunya hal itu akan berpengaruh kepada kecepatan memanaskan air. Cara kerjanya yang sederhana akan membuat air yang terdapat di dalam tangki penampungan air menjadi lebih cepat panas, jadi Anda dapat menggunakan air panas kapanpun jika dibutuhkan.

  • Lebih Awet

Menggunakan water heater listrik pun dapat Anda jadikan sebagai investasi jangka panjang karena memiliki usia pemakaian yang cukup lama. Jika dilakukan servis secara rutin, water heater tenaga listrik dapat bertahan hingga mencapai 20 tahun. Hal ini pun tentunya dapat menghemat biaya pengeluaran untuk perbaikan kerusakan atau pergantian unit.

Kelebihan Water Heater Tenaga Matahari

  • Hemat Energi

Karena menggunakan sinar matahari sebagai tenaga pemanasnya, tentunya sangat menghemat penggunaan energi di rumah Anda. Terlebih semakin tahun harga listrik pun semakin naik, jadi water heater tenaga matahari dapat menghemat pengeluaran biaya keperluan rumah tangga.

  • Ramah Lingkungan

Tentunya water heater tenaga matahari sangat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan polusi sama sekali. Selain itu tingkat keamanannya pun lebih tinggi karena hampir tidak memiliki resiko konsleting listrik. Dengan menggunakan water heater tenaga matahari pun Anda membantu dalam mencegah global warming.

  • Daya Tampung Air yang Banyak

Rata-rata unit water heater tenaga matahari memiliki daya tampung yang cukup besar mulai dari 100 liter keatas. Dengan daya tampung yang cukup besar tentunya Anda dapat menggunakannya setiap saat jika dibutuhkan tanpa perlu menunggu waktu yang lama.

Masing-masing jenis water heater memiliki kelebihannya masing-masing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebelum memilih jenis-jenis water heater tersebut Anda perlu juga memperhatikan dimensi ruang dan penempatan tangki pemanas air dari water heater yang digunakan.