Setelah memahami tentang bagaimana cara memegang bola basket, teknik yang tak kalah penting dipahami dalam permainan bola basket adalah teknik dribble. Dalam mendrible bola ke ring, terdapat berbagai macam teknik dribble dalam bola basket yang bisa diterapkan. 

Ada banyak teknik yang bisa Anda coba. Namun untuk pemula, Berikut ini 5 teknik dribble dalam bola basket yang harus Anda tahu dan pahami sebagai teknik dasar dalam dribbling. Let’s check these out!

5 Teknik Dribble Dalam Bola Basket

Kemampuan dribble yang baik secara umum perlu dimiliki oleh pemain dengan posisi point guard. Pemain di posisi inilah yang nantinya akan sering membawa bola basket untuk mengatur ritme permainan. 

Basketball Players. Vector Illustration
Basketball Players. Vector Illustration

Akan tetapi dalam bermain basket, ada baiknya semua pemain perlu memiliki kemampuan dribbling ini karena teknik dribble mencerminkan sebuah teknik utama dalam bermain. Adapun teknik – teknik dribble yang bisa dipelajari dan perlu dipahami oleh pemain basket untuk memenuhi tujuan bola basket sebagai berikut:

Low or control dribble 

Teknik ini merupakan sebuah teknik dribble yang dilakukan dengan cara membungkukkan badan dengan rendah. Pantulan bola yang didapatkan sangat pendek. Teknik dribble yang pertama ini merupakan teknik yang berfungsi untuk menghindari pencurian bola oleh pemain lawan. Terlebih ketika sedang berhadapan dengan pemain yang memiliki tinggi tubuh lebih tinggi dari pemain yang melakukan dribble. 

High or speed dribble

Teknik selanjutnya adalah high or speed dribble dimana ketika pemain berada di sebuah lapangan terbuka dan harus bergerak secepatnya dengan bola, maka ia kemudian melakukan dribble dengan teknik high or speed dribble ini. 

Ketika pemain berlari dengan kencang dan cepat, pemain akan mendorong bola di depan dan kemudian membiarkannya melambung ke atas sampai setinggi pinggul. Tangan yang melakukan teknik dribble tidak berada di bagian atas bola  melainkan memegang di belakang bola. 

Behind the back dribble

Selanjutnya ada teknik behind the back dribble. Kebanyakan pemain mampu melakukan teknik yang satu ini karena termasuk teknik dasar dalam dribble bola. Jenis teknik ini digunakan ketika pemain basket mengganti arah agar bebas dari pemain bertahan. 

Bisa dibilang teknik ini merupakan teknik untuk menghindari pencurian bola dari pemain lain dan berusaha mempertahankan kedudukan bola. Untuk menerapkan teknik ini cara yang bisa dilakukan adalah bola digerakkan dari satu sisi tubuh ke sisi tubuh lainnya dengan cara mengayunkan di belakang tubuh. 

Between the legs dribble

Between the legs dribble merupakan teknik dribble bola dengan cara cepat. Between the legs dribble dilakukan dengan memindahkan bola dari satu tangan ke tangan yang lain melalui sela – sela kaki. Teknik ini digunakan ketika pemain yang melakukan dribble dijaga dengan ketat atau ingin berganti arah.

Reverse dribble

Last but not least, dribble ini dikenal dengan nama spin dribble atau rol dribble. Teknik dribble bola yang satu ini dilakukan untuk mengganti arah dan memantulkan bola dari satu tangan ke tangan yang lain ketika dijaga dengan ketat. 

Teknik dribble yang satu ini harus dilakukan dengan cepat ketika pemain yang melakukan dribble mendorong bola ke lantai dan berputar mengelilingi pemain bertahan. Teknik ini juga salah satu teknik dasar yang sering dilakukan pemain basket dalam dribble.

Itulah berbagai teknik dribble dalam bola basket yang perlu Anda pahami dan ketahui. Selamat mencoba menerapkan teknik – teknik di atas. 

Write A Comment