Penyebaran ajaran agama Islam di tanah Jawa pada abad ke-14 yang lalu memang tidak lepas dari peran serta para walisongo. Para wali melakukan dakwah atau syiar agama untuk mengajak penduduk tanpa adanya paksaan untuk memeluk agama Islam. Meskipun mayoitas masyaraktnya beragama lain, hal itu malah membuat para wali bersemangat dalam menyebarkan Islam. Berikut daftar kesembilan walisongo dikumpulkan oleh tim Hasana.id.

Daftar Nama dan Julukan Walisongo

  1. Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati mempunyai nama asli yaitu Syarif Hidayatullah dan sangat berperan dalam penyebaran ajaran agama Islam yang berada di daerah Jawa Barat. Sunan Gunung Jati sendiri sebenarnya pencetus berdirinya dinasti kesultanan Banten.

  1. Sunan Ampel

Raden Rahmat adalah nama asli yang dimiliki oleh Sunan Ampel, seorang yang mulai melakukan dakwahnya di suatu pesantren di daerah Ampel Denta yang berada di dekat kota Surabaya. Hal itulah yang menjadi penyebab Sunan Ampel dikenal menjadi seorang pembina pertama pondok pesantren di Jawa Timur.

  1. Sunan Gresik

Sunan Gresik ternyata dikenal dengan nama lain Maulana Malik Ibrahim. Selain nama tersebut, Sunan Gresik pun dikenal dengan nama lain Maulana Maghribi. Perlu diketahui bahwa Sunan Gresik merupakan guru para wali lainnya.

  1. Sunan Bonang

Sunan Bonang menggunakan cara yang sesuai terhadap corak kebudayaan pada masyarakat Jawa, contohnya seperti senang dengan musik gamelan dan wayang. 

  1. Sunan Giri

Raden Paku adalah nama asli yang dimiliki oleh nama Sunan Giri dan ditugaskan menyiarkan agama Islam di daerah Blambangan oleh Sunan Ampel. Pesantren Ampel Denta menjadi tempat belajarnya ketika masih muda, kemudian setelah dewasa beliau pergi haji bersama Sunan Bonang.

  1. Sunan Drajat

Sunan Drajat dikenal banyak orang sebagai wali yang mempunyai jiwa sosial tinggi. Hal itu karena beliau sangat senang membantu fakir miskin, orang sakit, serta yatim piatu. Selain itu beliau mempunyai nama asli berupa Raden Qasim.

  1. Sunan Muria

Raden Umar Said adalah nama asli dari wali songo yang bernama Sunan Muria. Dalam hal penyebaran agama Islam, Sunan Muria menyebarkannya di daerah desa-desa.

  1. Sunan Kudus

Ja’far Shidiq atau yang dikenal orang-orang dengan Sunan Kudus mendapatkan gelar nama berupa wali al ilmi yang berarti seseorang dengan wawasan ilmu yang luas. Julukan tersebut diberikan karena mempunyai keahlian khusus pada bidang agama.

  1. Sunan kalijaga

Raden Sahid atau Sunan Kalijaga dikenal orang-orang sebagai seorang seniman seni suara, budayawan, seni busana serta seni ukir. Beliau pun menciptakan berbagai cerita wayang yang bercorakkan Islam.

Semua wali songo sudah disebutkan nama-nama dan julukannya di atas. Anda pun dapat lebih mengenal para wali yang berjasa dalam penyebaran ajaran agama Islam di Pulau Jawa. Agama Islam bisa sampai seperti saat ini karena tidak lepas dari peran serta para Wali Songo dari Sunan pertama hingga ke-9.

Write A Comment