Ini 5 Keterampilan Teknik yang Paling Dibutuhkan di 2020

Artikel ini disponsori oleh: LP3I Kampus Siap Kerja

Tuntutan pekerjaan semakin besar seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Di tahun 2020 ini, banyak perusahaan yang mencari keterampilan lebih dan spesifik dalam mencari karyawan.

Pentingnya Keterampilan Teknik

Keterampilan teknik adalah kemampuan seseorang dalam melaksanakan bidang tugas yang diberikan, kemampuan ini memungkinkan seseorang disebut ahli atau pakar di bidangnya. Seorang karyawan tidak cukup hanya memiliki keterampilan dasar di masa kini. Dalam dunia kerja, persaingan semakin ketat sehingga mereka harus memiliki keterampilan teknik dan nonteknik.

Berikut 5 keterampilan teknik yang paling dibutuhkan di 2020, agar Anda dapat bersaing di dunia kerja yang semakin berkembang.

Komputasi Awan (Cloud Computing)

Cloud computing merupakan teknologi yang menggunakan internet sebagai pusat server dalam menjalani program atau aplikasinya. Seluruh file dan data Anda terintegrasi dengan beberapa gadget yang perusahaan miliki, dan tersimpan secara online. Teknologi cloud computing digunakan dalam berbagai sektor bisnis. Hal itu untuk tujuan efisiensi data dan penghematan biaya.

Penalaran Analitis

Penalaran analitis yaitu merupakan kemampuan seseorang dalam menganalisis suatu informasi yang kompleks, sehingga dapat menarik kesimpulan yang logis dan sistematis dari informasi tersebut. Kemampuan ini sangat dibutuhkan dalam dunia industri.

Kecerdasan Artifisial

Kecerdasan artifisial merupakan kecerdasan yang ditambahkan ke dalam suatu sistem teknologi, kemudian dikembangkan dalam konteks ilmiah. Perkembangan kecerdasan artifisial sangat bermanfaat dalam dunia industri yang beragam. Mesin ditransfer menggunakan pendekatan lintas disiplin ilmu berbasis ilmu komputer, matematika, psikologi, linguistik, dan lain-lain.

Desain User Experience (UX)

User Experience (UX) Designer merupakan profesi yang tugas utamanya adalah meningkatkan kepuasan pengunjung website, atau pengguna aplikasi. Hal tersebut agar kegunaan atau kesenangan dalam interaksi antara pengguna dan produk tersebut dapat meningkat.

Komputasi Ilmiah

Komputasi ilmiah atau perhitungan ilmiah merupakan penggunaan komputer dalam membangun model matematika dan analisis kuantitatif teknik. Hal itu dilakukan untuk menganalisa dan memecahkan permasalahan ilmiah.

Komputasi ilmiah dapat memecahkan masalah dalam berbagai disiplin ilmu dengan penggunaan praktis. Biasanya, dengan penerapan simulasi komputer dan analisis numerik dan ilmu komputer teoritis.

Semakin majunya perkembangan zaman, menuntut manusia untuk bisa melakukan segala hal. Terutama di tahun 2020 ini, manusia memang sudah saatnya meng-upgrade kemampuan teknis. Sudah siap bersaing di dunia kerja yang semakin berkembang?