Perkembangan dunia industri yang kian maju semakin memberikan manfaat beragam bagi kehidupan manusia. Hampir segala aspek telah dimasuki oleh industri dan teknologi, tak terkecuali bidang pengolahan air minum. Terdapat beberapa istilah yang seringkali digunakan dalam bidang industri pemurnian dan pengolahan air minum. Berikut daftar istilah populer dalam industri air minum dan mesin ro yang penting untuk diketahui.

7 Daftar Istilah Populer Air Minum

Ultraviolet

Pada dasarnya ultraviolet adalah salah satu jenis sinar atau cahaya. Hanya saja sinar ini tidak bisa digunakan secara sembarangan, karena dapat berpotensi menimbulkan damage. Pada industri air minum, ultraviolet ini berfungsi membunuh virus serta bakteri. Selain itu, ultraviolet yang dipancarkan pun mempunyai karakteristik dan daya pancar terstandarisasi, sehingga aman ditangani oleh manusia. Beberapa ultraviolet pada perusahaan ternama telah menggunakan inovasi terbaru yang canggih, sehingga fungsi utamanya telah dikerjakan mesin.

sinar UV
sinar UV

Elektrolisa

Elektrolisis mengacu kepada istilah yang berupa proses pengumpulan zat terlarut dengan wujud tak bisa dilihat mata telanjang. Proses ini memungkinkan terjadinya pelarutan zat yang masuk ke dalam air. Elektrolisa ini pula yang mendasari cara kerja mesin ro dengan mengandalkan bahan alumunium dan besi. Ketika terjadi proses kimia, elektrolit dalam bahan tersebut akan mengalami oksidasi sehingga umumnya menyebabkan alat mengalami korosif/berkarat.

Sedimen

Daftar istilah populer dalam industri air minum dan mesin ro selanjutnya adalah sedimen. Istilah satu ini sering pula disebut spun. Fungsinya adalah untuk menyaring endapan pasir dan kotoran yang terbawa dari luar. Sedimen ini akan mengalirkan kotoran yang masuk bersamaan dengan air minum. Proses sedimen dapat berlangsung alami, serta bisa juga dibuat secara mandiri. Hanya saja untuk membuat alat sedimen secara mandiri, perlu perawatan-perawatan khusus agar dapat bekerja secara maksimal.

TDS

TDS merupakan kependekan dari total dissolved solid. Maksudnya adalah total keseluruhan dari jumlah dissolved yang berwujud zat padat. Pada setiap zat padat terdapat TDSnya masing-masing, yang jika nanti dijumlahkan bisa menghasilkan TDS total. Untuk dapat menghitung atau mengukur TDS secara valid, diperlukan penanganan langsung dari laboratorium kimia dan fisika. Agar lebih mudahnya, sebuah perusahaan telah memiliki data base berisikan indeks TDS setiap zat yang berpotensi menjadi dissolved solid.

Karbon Aktif

Karbon aktif ada pula yang menamainya active carbon, secara umum terbagi menjadi beberapa bahan yakni tulang, tempurung kepala, serta batubara. Pada setiap wilayah umumnya terdapat perbedaan karbon aktif, baik ditinjau dari aspek kualitas maupun ukurannya. Adapun jika dilihat dari segi fisikal, karbon ini terbagi menjadi block, powder, serta granular. Masing-masing mempunyai kegunaan dan keunggulan yang berbeda. Hanya saja yang perlu diperhatikan ketika hendak memilih karbon aktif adalah perhatikan standar BPOMnya, sehingga aman digunakan.

Karbon Aktif (wikipedia)
Karbon Aktif (wikipedia)

Housing

Daftar istilah populer dalam industri air minum dan mesin ro reverse osmosis selanjutnya adalah housing. Istilah ini mengacu pada sebuah tempat atau wadah yang telah diatur suhunya hanya berkisar 10 sampai 20 derajat Celcius. Housing yang baik mempunyai fisik yang halus. Selain itu, ukurannya pun presisi sehingga praktis digunakan. Housing juga bisa memberikan tekanan air yang akan diolah agar dapat naik menuju permukaan lebih tinggi. Housing ada juga yang berupa pumper atau membran, sesuai fungsi masing-masing yang dibutuhkan. 

Membrane

Membrane ibarat jantung yang menjadi inti sebuah mesin RO. Serangkaian proses dalam penjernihan air minum paling inti dijalankan oleh membrane, karena berfungsi untuk menyaring zat-zat polutan yang terdapat di dalam air. Bahkan kapasitas filterisasinya bisa mencapai 99% tergantung kualitas membrane. Bagian ini pula lah yang mencegah masuknya zat-zat berbahaya ke dalam air minuman hasil olahan. 

Itulah daftar istilah populer dalam industri air minum dan mesin ro yang perlu diketahui. Dalam dunia water treatment, istilah-istilah tersebut sudah sangat lazim dijumpai. Hanya saja, meskipun beberapa sudah bisa menggunakannya, tapi ternyata belum semua memahami artinya. Oleh karena itu, demi memudahkan para pengembang dalam dunia industri pemurnian, istilah-istilah mendasar tersebut harus sudah dipahami maknanya.

Konsultan Mesin Reverse Osmosis Tirta Mandiri

Kontraktor dan konsultan pabrik air minum dalam kemasan dan depot air isi ulang. Menyediakan beragam kebutuhan serta instalasi peralatan air minum serta mesin reverse osomosis.

Kontak: 0813 8805 1980 / 0821 1757 5575 / cs@tirtamandiri.com