Perkembangan industri khususnya bisnis online ternyata tidak main-main. Siapa sangka, online shop yang masih seumur jagung sudah bisa meraup revenue di angka triliun-an setiap tahunnya.

Agaknya, menarik jika kita lihat perkembangan industri online di Indonesia ini lebih detail dengan bicara angka dan data. Berikut catatan dari Frans Budi Pranata, CFO Zalora, di group Writers.

For your eyes only

Zalora 400% sales growth 4 th terakhir. Industri ecommerce 50% growth.
Blibli growth 700% Lazada growth 600% Samsung salesnya Rp 40 triliun dan growth 500% dalam 5 tahun terakhir.

Amazon tadi Saya ketemu orangnya bilang Kalau tiap jam Kirim 100 juta barang. Jumlah karyawan 200 ribu, Amazon punya 1 milyar macam barang di website nya.

Alibaba tiap hari 100 juta visitor dengan conversion rate 6%. Orang kita (Indonesia) rata-rata spend 5.6 hours looking at mobile phones daily.

Tokopedia ada 2 juta barang di websitenya. Big player/pemain besar: OLX, Lazada, Zalora, Traveloka, Bukalapak, Tokopedia, Blibli.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Lewat Media Sosial

Traveloka sales th lalu Rp 17 triliun Lazada, Blibli Rp 5 triliun, Tokopedia Rp 10 triliun. Zalora Lbh kecil dibanding Lazada. Saat ini sales online USD 10 milyar tahun 2020 Akan Jadi USD 130 milyar

Gojek modal awal Rp 5 milyar setelah 4 tahun valuasinya Rp 5.6 triliun. Uber baru 5 tahun sudah di 50 negara dan valuasi perusahaannya USD 51 billion.

Alibaba waktu IPO dpt Dana USD 26 Billion dan valuasinya USD 225 Billion. E-commerce salesnya grow by 800%.

Orang Indonesia yan punya kartu kredit hanya 15 juta orang, yang punya rekening bank hanya 90 juta orang, 60% orang kita pegang cash.

UKM ada 55 juta, yang sudah online baru 500 ribu.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online

67% barang yang paling banyak dicari online adalah fashion. Buku hanya 1.8% dicari online, Smartphone hanya 20% dicari online, Orang Indonesia yang baca buku hanya kisaran 2 sampai 3 juta orang.

Tapi yg pake Baju hampir 100%

Produk yang paling dicari di Internet:

1. Makanan
2. Fashion
3. Elektronik
4. Layanan Travel
5. Mobil
6. Properti
7. Lainnya

Makanya ada Go Food, Food Panda dan semacamnya. Dan orang belanja online paling banyak pas hari kerja. Jam 10-12 a.m dan jam 3-5 p.m

Female 70% Belanja online Usia 18-35 tahun mengikuti hukum Pareto 80%. Female Itu yg menentukan pola belanja pria.

Menurut survey, kalau pria yg menentukan pola Belanja, maka mobil2 di jalan akan banyak Porsche, Lamborghini. Karena Wanita, maka banyak Avanza, Xenia di jalan-jalan. Sebelumnya ada Innova dll.

Di Online keys to success adalah:

1. Traffic creation
2. Traffic conversion

Di Indonesia ada 100 juta orang yang online via Facebook, Google & Youtube. Tahun 2016 MEA dibuka, akan boleh belanja cross country utk export & import.

Pusat banyak online followers adalah celebrity. Productivitas indo masih di bawah China & Vietnam

#meroket
Salam semangat. Dari @mukhlisyusuf on twitter
25 November 2015

Baca juga: