Ini Data Sebaran Covid Terbaru di Malang Kota

Merebaknya virus corona atau Covid-19 sudah terjadi sejak November 2019 lalu di Wuhan, China. Tempat ini diduga sebagai asal mula virus baru yang penyebarannya sangat cepat. Wabah ini nyatanya juga masuk ke Indonesia sejak kasus pertamanya diumumkan pada 2 Maret 2020. Kasus pertama Covid di Indonesia terjadi di Depok, Jawa Barat. Lalu apakah menyebar hingga luar kota?

Penyebaran virus corona yang relatif sangat cepat membuat seluruh wilayah di 34 Provinsi melaporkan kasus positif, termasuk Jawa Timur. Salah satu kota yang juga mengonfirmasi adanya pasien virus corona adalah Malang. Berikut ini data sebaran Covid terbaru di Malang kota, simak ulasannya!

Klasifikasi Sebaran Covid-19 di Kota Malang

Sesuai dengan klasifikasi data yang dibuat oleh pemerintah pusat, pemkot Malang juga membuat data Covid-19 menjadi beberapa macam yakni ODR (orang dalam resiko), ODP (orang dalam pemantauan), OTG (orang tanpa gejala), PDP (Pasien dalam pengawasan) dan positif SARS-cov19.

Pembagian jenis pasien ini digunakan untuk memudahkan tim medis melakukan pemantauan pasien dalam memberikan penanganan yang tepat. Jenis penangan yang diberikan mulai dari isolasi mandiri, isolasi di rumah sakit hingga perawatan intensif. Selain itu, hal ini juga untuk menelusuri jejak perjalanan pasien.

Data Sebaran Covid-19 di Kota Malang

Malang masuk dalam daftar zona merah penyebaran Covid-19, sejak diumumkannya kasus pertama pada 19 Maret 2020. Semenjak hari itu, pasien Covid-19 terus bertambah. Data terakhir yang dimuat oleh pemkot Malang per 15 April 2020 adalah sebagai berikut:

  1. ODR sebanyak 1.250 orang.
  2. OTG sebanyak 153 orang.
  3. ODP  sebanyak 535 orang.

PDP

  1. Sehat               : 17
  2. Dirawat             : 75
  3. Meninggal        : 4

Positif

  1. Dirawat             : 1
  2. Sembuh            : 7
  3. Meninggal         : 0

Klaster ODR, OTG dan ODP di atas menjalani beberapa prosedur sesuai standar penanganan Covid19. Ketiga klaster ini sebagian besar wajib isolasi mandiri, setidaknya 14 hari. Dari data 3 klaster ini sudah dipantau tim medis sebanyak 325 orang dan yang sudah selesai dipantau sebanyak 210 orang.

Data di atas merupakan total keseluruhan penyebaran Covid-19 di Kota Malang. Data tersebut masih dirinci berdasarkan wilayah persebarannya. Adapun rincian untuk setiap daerah, bisa Anda lihat dari ulasan di bawah ini, yakni:

Kecamatan Kedungkandang

  1. ODP     : 125
  2. PDP     : 25
  3. Positif   : 3

Kecamatan Blimbing

  1. ODP     : 135
  2. PDP     : 21
  3. Positif   : 3

Kecamatan Sukun

  1. ODP     : 105
  2. PDP     : 15
  3. Positif   : 0

Kecamatan Lowokwaru

  1. ODP     : 90
  2. PDP     : 16
  3. Positif   : 1

Kecamatan Klojen

  1. ODP     : 77
  2. PDP     : 19
  3. Positif   : 1

Data sebaran Covid-19 di Kota Malang terus mengalami kenaikan pada tiap minggunya, khususnya untuk klaster orang dalam risiko (ODR). Hal ini tentu tidak mengherankan karena Malang menjadi salah satu kota dengan mobilitas cukup tinggi dan memiliki jarak yang cukup dekat dengan Surabaya sebagai wilayah sebaran Covid-19 terbanyak di Jawa Timur.

Semoga pandemi ini cepat berlalu – Liburan di Malang