Ketika ingin membeli sebuah mobil baru, tentunya ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan. Mulai dari kekuatan mesin yang digunakan, penggunaan bahan bakar, bentuk mobil, dan lain sebagainya. 

Salah satu yang tidak kalah penting dan seringkali dilewatkan adalah mengetahui radius putar mobil tersebut. Ini sangat penting karena berkaitan dengan bagaimana mobil tersebut melakukan putaran ke arah tertentu dengan jarak tertentu pula.

Apa itu Radius Putar Mobil?

Secara garis besar, radius putar mobil merupakan hitungan yang digunakan untuk mengetahui besar lingkaran putar mobil dalam melakukan manuver belok. Masing-masing mobil memiliki radius putar yang berbeda karena faktor tertentu. 

Indikator yang digunakan untuk mengukur radius putar adalah ketika mobil melakukan manuver belok dalam derajat 180 dengan diameter tertentu. Diameter inilah yang menjadi penentu apakah mobil dapat melakukan manuver belok atau tidak di tempat tertentu.

Jika diameter di suatu tempat tidak memiliki nilai minimal yang dibutuhkan untuk dapat melakukan putaran, sudah pasti mobil akan kesulitan dalam putar balik. Semakin besar diameternya, maka semakin mudah mobil melakukan putaran di tempat tersebut.

radius putar mobil di indonesia

Model Penentu Radius Putar

Wall to Wall

Model penentu radius putar yang pertama ini menjadi yang paling umum diterapkan. Perhitungan radius putar model ini berdasarkan dari titik pusat lingkaran hingga posisi bodi mobil yang paling luar atau menonjol. 

Penentuan sudut putar mobil dengan menggunakan model ini mengharuskan Anda memperhatikan bagian bumper depan dan belakang mobil untuk melakukan putaran. Ini akan menjadi sulit jika Anda memiliki mobil yang bagian belakangnya lebih lebar dibandingkan bagian depan. 

Curb to Curb

Jika model pertama berdasarkan posisi bodi mobil yang paling menonjol, kali ini justru berdasarkan letak ban paling luar. Radius putar ini biasanya digunakan ketika berada di tempat tertentu saja, terutama ketika tempat tersebut tidak ada pembatas di sisi kanan atau kirinya.

Gambaran mudahnya adalah ketika Anda ingin melakukan putaran mobil ke arah kiri, maka yang menjadi patokan adalah roda kanan yang menjadi titik terluar. Teknik ini bisa dibilang sama-sama sulit seperti yang pertama, karena salah sedikit saja bisa berdampak pada mobil.

Faktor Penentu Radius Putar Mobil

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa terdapat faktor lain yang menjadi penentu radius mobil. Ini juga menjadi pertimbangan sebelum Anda membeli mobil karena berhubungan dengan kenyamanan mengendarai. Berikut di antaranya: 

  • Ukuran atau dimensi suatu mobil, dimana semakin kecil semakin mudah melakukan putaran.
  • Tipe suspensi yang digunakan karena akan menentukan radius putar.
  • Ukuran wheelbase atau jarak dari titik utama roda depan dengan titik utama roda belakang. Dimana semakin panjang jaraknya, biasanya radius putarnya semakin besar, begitu juga sebaliknya. 
  • Mesin penggerak mobil yang digunakan.
  • Luas lokasi untuk melakukan putaran.

Lihat pula: Tips Wiper Fluid pada Mobil

Perbandingan Radius Putar Beberapa Mobil

NoMobilRadius Putar
1.SUV5,6 – 5,8 meter
2.Mitsubishi Xpander5,2 meter
3.Toyota Avanza4,7 meter
4.Honda BR-V5,3 meter
5.Toyota New Yaris5,1 meter
6.Honda Jazz4,9 meter
7.Daihatsu Sigra4,5 meter
8.Suzuki All New Ertiga GX5,2 meter
9.Honda Mobilio5,2 meter
10.Toyota Kijang Innova5,4 meter
Daftar radius putar mobil

Setelah mengetahui apa itu radius mobil hingga faktor penentunya, sekarang Anda memiliki pertimbangan baru sebelum memutuskan membelinya. Namun, rata-rata sebagian besar mobil yang beredar di pasaran memiliki radius putar di atas 5 meter dan jarang yang ada di bawah 5 meter.

Write A Comment