Ini Daftar Kain Waterproof yang Cocok untuk Masker

Kain waterproof merupakan salah satu jenis kain yang memiliki kemampuan menahan air agar tidak merembes  masuk ke dalam serat kain. Meskipun anti air, kain waterproof tetap nyaman dipakai karena tidak membuat pengap dan kulit masih bisa bernapas dengan baik. Saat ini berbagai macam produk yang menggunakan kain waterproof sudah banyak ditemukan.

Masker adalah salah satu produk yang tepat untuk menggunakan jenis kain waterproof. Hal ini dikarenakan masker bisa lebih awet karena tahan air dan tahan jamur. Masker juga menjadi tetap kering saat terkena uap air dari pernapasan serta keringat. Tak perlu khawatir karena masker dari kain waterproof ini tidak membuat pengap.

Jenis Kain Waterproof untuk Masker

Goretex

Goretex merupakan salah satu merek kain yang menyajikan teknologi pembuatan kain waterproof berkualitas. Kemampuan daya tahan air kain goretex membuatnya menjadi kain terbaik untuk dijadikan beberapa produk, seperti jaket gunung, sepatu gunung, dan tentunya masker.

Harga goretex yang cukup tinggi tidak akan membuat kecewa karena kain ini sangat nyaman bagi kulit karena memiliki sifat breathable yang tinggi.

Taslan Balon

Dinamakan taslan balon karena di dalam kain taslan ini terdapat lapisan balon yang menyerupai karet. Lapisan tersebut memiliki fungsi sebagai penahan air agar tidak masuk. Kain taslan balon memiliki tekstur permukaan yang lembut, sehingga cocok digunakan sebagai bahan jaket dan masker.

Selain itu, kain ini juga tahan terhadap robekan karena permukaannya tebal dan rapat.

Parasut Balon

contoh bahan parasut untuk jaket
Contoh bahan parasut dari Konveksi Jaket Surabaya

Parasut balon merupakan jenis kain parasut yang memiliki sifat waterproof dengan lapisan coating balon di dalamnya. Namun, jenis  kain yang satu ini tidak terlalu baik dalam menyerap keringat meski mudah dibersihkan saat kotor. Kain parasut balon juga cepat kering saat terkena keringat, sehingga tidak akan menimbulkan bau tak sedap dari keringat yang terserap.

Ripstop Balon

Permukaan yang dimiliki kain ripstop balon ini memiliki tekstur yang khas, yakni tekstur kotak-kotak seperti kain ripstop pada umumnya. Biasanya, lapisan yang terdapat pada kain ripstop balon memiliki warna abu-abu yang transparan. Sama seperti kain-kain sebelumnya, kain ini juga banyak diaplikasikan untuk jaket, jas, mantel, dan bisa juga untuk masker.

Voal Superfine Water Resist

Berbeda dengan kain-kain sebelumnya, kain voal superfine water resist ini memiliki tekstur kain yang tipis. Kain ini banyak ditemukan pada jilbab anti air karena kemampuannya  yang mampu menahan air agar tidak masuk. Meskipun tipis, kain ini cocok digunakan sebagai masker sekali pakai yang mampu menahan air.

Kain ini walaupun menahan air tetapi tetap bisa menyerap keringat, sehingga tidak mengganggu pernapasan.

Kain-kain waterproof di atas bisa Anda pilih sesuai keinginan untuk membuat masker tahan air. Meskipun tahan air, kain waterproof mudah dicuci dan dibersihkan karena sifatnya yang cepat kering.

Leave a Comment