Sakit gigi memang menyebalkan. Ketika rasa sakit menyerang, tentu sangat besar keinginan Anda untuk menghilangkan rasa sakit itu sesegera mungkin. Jika Anda juga merasa demikian, Anda bisa mengurangi sakit gigi dengan beberapa jenis obat.

Hanya saja yang jadi masalah, tidak semua orang suka mengonsumsi obat. Jika Anda termasuk salah satu orang yang kurang suka mengonsumsi obat, berikut 3 cara untuk mengurangi sakit gigi selain dengan obat yang Anda bisa manfaatkan. Cek dulu yuk informasi lengkapnya di bawah ini!

3 Cara Natural untuk Mengurangi Sakit Gigi

Mengurangi sakit gigi dengan air garam

Garam merupakan salah satu obat sakit gigi alami yang bisa dimanfaatkan. Garam merupakan suatu zat yang didalamnya mengandung antiseptik dan antibakteri. Untuk mengurangi sakit gigi dengan air garam, Anda dapat mengolah garam menjadi suatu larutan.

Nah, larutan air garam tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai obat kumur untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri pada gigi yang sakit. Selain dapat mengurangi sakit gigi, larutan air garam juga dapat Anda manfaatkan untuk mengurangi infeksi dan mencegah terjadinya perkembangan bakteri di mulut. 

Cara menggunakan air garam sebagai larutan cukup mudah. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama larutkan 1 sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat
  • Kemudian setelah Anda larutkan 1 sendok teh garam, kumur larutan sampai menyapu semua bagian mulut Anda.
  • Kumur selama 30 detik – 1 menit setiap kali kumur
  • Setelah itu buang atau muntahkan.
  • Ulangi sampai gigi Anda terasa ringan

Pengobatan alami ini dapat Anda lakukan 3 kali sehari sampai rasa sakit pada gigi Anda mereda. Selain cara di atas, cara lain yang bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi sakit gigi dengan garam yaitu mencampurkan garam dengan air lemon.

Campurkan ½ sendok teh garam dengan air lemon, kemudian aduk secara merata menjadi pasta. Setelah menjadi pasta, oleskan campuran tersebut pada gigi sambil memijat gusi selama beberapa menit. Setelahnya, berkumurlah dengan air hangat.

Larutan air lemon dengan jeruk sangat ampuh untuk mengurangi sakit gigi karena dapat mengurangi dan membasmi bakteri di mulut. Lakukan dua kali sehari secara rutin dan dapatkan manfaatnya.

Mengurangi sakit gigi dengan oil pulling

Apa yang dimaksud dengan oil pulling? Jadi oil pulling merupakan suatu teknik berkumur menggunakan minyak yang dapat mengurangi sakit gigi secara ampuh. Teknik ini merupakan budaya pengobatan ayurvedic yang berasal dari India.

Banyak orang yang menderita sakit gigi sembuh dengan metode pengobatan yang satu ini. Dalam sebuah studi yang hasilnya telah dirilis oleh Indian Journal of Dental Research, disebutkan bahwa menggunakan oil pulling untuk mengurangi sakit gigi sangat ampuh dalam membantu menghilangkan bakteri di area rongga mulut.

Untuk mengurangi sakit gigi selain dengan obat sakit gigi anak adalah dengan teknik oil pulling, cara yang Anda bisa lakukan sebagai berikut:

  • Pertama – tama berkumurlah dengan 1 sendok makan minyak wijen atau minyak kelapa.
  • Buang minyak bekas kumur tersebut dari mulut Anda
  • Lakukan kurang lebih selama 20 menit

Cara ini dapat Anda lakukan setiap pagi dalam kondisi perut kosong sebagai terapi mengatasi sakit gigi atau untuk mencegah sakit gigi.

Mengurangi sakit gigi dengan bawang putih

Bawang putih merupakan bahan alami yang mengandung zat antibakteri dan senyawa allicin yang dapat membantu menyembuhkan masalah sakit gigi. Senyawa allicin tersebut dapat membunuh kuman di dalam gigi serta mengatasi penyebab sakit gigi.

Namun kandungan senyawa allicin pada bawang putih tidak dapat ditemukan pada bawang putih utuh. Anda harus mengiris, menghancurkan, memotong bawang putih atau mengunyahnya untuk mendapatkan manfaat kandungan allicin dari bawang putih.

Bahan – bahan yang Anda butuhkan untuk mengurangi sakit gigi dengan bawang putih, diantaranya :

  • Bawang putih 2 siung
  • 1 sendok teh garam
  • Minyak zaitun secukupnya

Jika Anda sudah siapkan bahan – bahan di atas, sekarang ikuti langkah pembuatan obat sakit gigi dari bawang putih. Langkah – langkahnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama ambil dua siung bawang putih kemudian kupas kulitnya dan bersihkan
  • Jika bawang putih telah dibersihkan, selanjutnya buat pasta bawang putih dengan menghaluskan bawang putih bersama 1 sendok teh garam.
  • Jika sudah, ulek merata bawang putih dan garam yang sudah halus tersebut.
  • Jika pasta yang Anda buat dirasa terlalu kering, tambahkan beberapa tetes minyak zaitun sebagai campuran.
  • Aduk pasta dan minyak zaitun secara merata
  • Oleskan pada gigi yang sakit, diamkan 2 menit. Lakukan sebanyak 3 sampai 5 kali,kemudian berkumur dengan air hangat

Itulah 3 cara untuk mengurangi sakit gigi selain dengan obat yang Anda bisa lakukan. Selamat mencoba dan dapatkan manfaatnya.

Write A Comment