makna angka 11

Arti Angka 11 dan Segala Makna Dibaliknya

Mungkin masih banyak orang yang bingung dengan arti angka 11: segalanya berpasang – pasangan. Mengapa angka 11 menjadi indikasi atau tanda bahwa segalanya berpasang – pasangan?

Angka 11 mengartikan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini berpasang – pasangan karena angka 11 merupakan angka yang tidak terpisahkan. Angka 11 merupakan angka kembar yang terdiri dari dua pasang angka yaitu angka 1 dan angka 1.

Keduanya dipersatukan berpasangan dalam bentuk angka 11 itu. Selengkapnya tentang arti angka 11 akan kami ulas dalam informasi berikut ini!

Arti Angka 11

Dalam konteks model angka, arti angka 11: segalanya berpasang – pasangan. Maksudnya angka 11 terbentuk dari model angka kembar 1 dan 1 yang kemudian membentuk angka 11 yang memiliki arti sedemikian rupa.

Angka 11 juga merupakan angka yang berada pada deretan angka unik. Didalam ilmu matematika sendiri, angka 11 merupakan angka yang sangat istimewa. Angka 11 merupakan bilangan prima paling kecil yang memiliki 2 digit. Pada perkalian 11 dengan bilangan satuan dari angka 1 sampai dengan angka 9, maka hasilnya yang didapatkan adalah pengulangan dari angka itu sendiri.

Sementara jika kita lihat dari aspek numerologinya, angka 11 dikenal sebagai The Master Number dimana angka 11 juga memiliki sisi keunikan dari segi budaya. Jika Anda pernah mendengar tentang critical eleven, apa yang Anda dengar tentang critical eleven tersebut merupakan judul novel dari penulis terkenal Ika Natassa yang kemudian diangkat menjadi suatu judul film.

Disana dijelaskan bahwa angka 11 merupakan suatu angka yang dikeramatkan dalam dunia penerbangan. Dilansir dari berbagai sumber, disebutkan bahwa kurang lebih sebanyak 80% kejadian kecelakaan pesawat terjadi akibat kekeliruan pada menit ke-11 (critical eleven).

Karena itu menit ke-11 menjadi waktu yang sangat rentan dan rawan terjadinya kecelakaan pesawat dan sampai hari ini banyak penerbang setuju dan sepakat tentang hal tersebut.

Terlepas dari semua mitos dan kepercayaan penerbangan tentang angka 11, angka ini juga memiliki beberapa keunikan. Khususnya dalam dunia marketing, angka 11 menjadi angka yang penting karena banyak moment sale di tanggal 11.

Misalkan seperti sale Shopee yang memberlakukan banyak diskon dan promo gratis ongkir setiap tanggal cantik 11.11.

Terlepas dari apa yang kita bahas sebelumnya, mari kita membahas angka 11 dari unsur bahasanya. Dalam bahasa Indonesia, angka 11 dibaca ‘sebelas’ yang sebenarnya memiliki struktur pengucapan bahasa yang berbeda dengan bilangan 10+ yang lainnya.

Jika bilangan yang lain menyebutkan kalau angka kedua dibaca jelas baru diikuti kata ‘belas’ maka pada pengucapan angka 11 tidak demikian.

Angka 11 dibaca ‘sebelas’ dan bukan angka 1 kemudian diikuti kata belas cara membacanya. Melainkan digabung menjadi satu kesatuan dalam kata ‘sebelas’. Hal tersebut sudah membedakan pengucapan dalam segi bahasa bagi angka ini dengan angka yang lainnya.

Kemudian dalam bahasa Inggris, angka 11 dibaca eleven. Dalam bahasa Inggris, angka 11 merupakan bilangan positif paling kecil yang dibaca dengan tiga suku kata dan menjadi bilangan prima terbesar yang hanya memiliki satu kata dalam bahasa Inggris.

Itulah beberapa hal yang menjadi keunikan angka 11 beserta informasi tentang arti angka 11 : segalanya berpasang – pasangan atau arti angka 11 dari segala sisi. Semoga ulasan yang kami berikan diatas semakin menambah informasi dan pengetahuan kita.

Leave a Comment