contoh sistem filter kolam renang

Ini Pilihan Jenis Filter yang Cocok Untuk Kolam Renang

Filter merupakan komponen pendukung yang penting pada kolam renang. Filter dalam kolam renang memiliki peran yang sangat vital, dimana fungsi utamanya adalah untuk sirkulasi kolam agar kotoran yang ada hilang dan kolam menjadi bersih. Filter memiliki perananan yang sangat penting karena dengan adanya filter maka akan menjaga agar air kolam tetap dalam keadaan jernih dan bersih serta bebas dari partikel kotoran yang sulit disaring.

Tulisan ini dipsonsori oleh Konsultan Kolam Renang

Jenis Filter Kolam Renang

Terdapat 3 jenis filter yang umum digunakan yaitu :

Sand Filter

Sand filter merupakan merupakan filter khusus untuk kolam renang yang memanfaatkan pasir khusus dengan beberapa lapisan dalam proses penyaringan air kolam. Cara kerja sand filter bisa dibilang cukup sederhana. Air yang masuk ke dalam tangki filter nantinya akan disebar ke dalam filter kemudian air akan dialirkan hingga ke dasar tabung melewati lapisan-lapisan pasir tersebut. 

Pasir inilah yang akan bertugas untuk menyaring debu dan kotoran yang terbawa bersama air. Air yang sudah disaring akan kembali menjadi bersih dan mengalir kembali ke kolam renang. Ukuran debu dan kotoran yang dapat disaring yaitu sekitar 40 microns. 

Tekanan air dapat menurun karena endapan kotoran yang menumpuk di tabung filter terutama di bagian permukaan pasir penyaring karena proses penyaringan yang terjadi terus menerus. Maka dari itu anda harus rutin membersihkan filter agar filter tetap dapat bekerja secara optimal dan juga filter tidak cepat rusak. 

Cartridge Filter

Media penyaring dari cartridge filter yaitu dengan menggunakan paper type cartridge. Catridge ini terletak di bagian dalam filter yang berbentuk tabung vertikal. Catridge ini yang nantinya akan bekerja untuk menangkap debu dan kotoran dengan ukuran 10-20 micron, lebih kecil dibandingkan dengan sand filter. 

Cartridge dapat menjadi buntu karena proses penyaringan yang berlangsung terus menerus sehingga banyak debu dan kotoran yang menempel. Apabila catridge filter mulai buntu, terdapat dua cara yang dapat dilakukan.

Cara pertama yaitu dengan membersihkan cartridge yang terdapat dalam tabung dengan menyemprotnya menggunakan air bertekanan rendah. Hindari menggunakan air bertekanan tinggi karena dapat merusak catridge. Cara kedua yaitu dengan mengganti catridge baru apabila sudah sulit untuk dibersihkan. 

Diatomaceous Filter

Diatomaceous earth (DE) filter memiliki prinsip kerja yang sama dengan menggunakan catridge. Yang membedakan antara keduanya yaitu diatomaceous filter menambahkan bubuk DE yang akan melapisi cartridge. Bubuk DE adalah sebuah diatom atau juga fosil makhluk kecil air, jadi bangkai tersebut akan menjadi mengendap di dasar kolam jika mati. 

Dengan ditambahkannya bubuk DE maka filter dapat menyaring debu dan kotoran yang sangat kecil bahkan hingga ukuran antara 3-5 micron. Keunikan yang dimiliki oleh struktur tubuh diatom bisa dibilang cukup unik karena terkandung 90% silika pada bagian dinding selnya. 

Terdapat lubang-lubang kecil yang memiliki kemampuan untuk menyaring air dengan maksimal yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop. Jenis filter ini memiliki proses penyaringan air kolam yang kompleks sehingga dianggap paling efektif dalam menjaga air kolam agar tetap bersih. Hanya saja harga filter ini dan juga perawatannya memang cenderung lebih mahal dibandingkan kedua filter lainnya. 

Inilah 3 pilihan filter air kolam renang yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan anda. Anda dapat mempertimbangkan filter mana yang cocok untuk kolam renang anda baik itu kelebihan, kekurangan, serta budget yang dimiliki agar air kolam dapat tetap bersih dan jernih. 

Dimulti Pool | Konsultan Pembuatan Kolam Renang

Dimulti Pool is one of subsidiary of PT. DIMULTI PILAR NARMADI. Supported by professional team who has experienced more than 15 Years. We stay focus to serve our customer for building a swimming pool. (Consulting, Design, construction, renovation, repair).

Jl. As-Syafi’iyah No.129, Cilangkap, Cipayung. Jakarta Timur
Telp: +62 21 8430 5011 | Email: narmadi@narmadi.com

Leave a Comment