Batam, sebuah kepulauan kecil yang terletak pada batas negara antara Negara Republik Indonesia (NKRI) dengan negara Singapura ternyata memiliki banyak wisata bahari yang indah. Buat kamu yang belum tahu, setidaknya ada puluhan pantai yang dikelola untuk para wisatawan yang sedang berkungjung ke Batam. Lewat tulisan ini, kami akan mengulas 5 dari sepuluh pantai terbaik yang bisa kamu kunjungi saat berada di Batam. Stay tuned ya!

Pantai Sekilak

Jika kan bertanya pada warga asli Batam kepulauan, pantai apa yang paling unik yang ada disana, tentu Pantai Sekilak adalah jawaban paling umum yang bisa kamu dapatkan. Hal ini tidak lain karena pantai ini yang dikelilingi oleh bebatuan. Letaknya pun bisa dibilang tidak jauh dari akses transportasi karena berdekatan dengan bandara Hang Nadim.

Jika kamu berkesempatan mengunjungi pantai ini, jangan lupa datang di saat momen matahari terbenam agar nuansa kehadiranmu dapat terabadikan dengan baik.

Pantai Payung

Jika dibandingkan dengan pantai Sekilak di atas, pantai payung ini bisa dikatakan masih relatif baru dan hanya dikelola oleh warga sekitar. Biaya masuknya pun terhitung masih sangat murah sekitar Rp 5.000/orang. Karena pantai ini belum lama dibuka, suasana kotor serta tumpukan sampah akan sulit dilihat sebagaimana pantai di perkotaan pada umumnya.

Buat kamu yang ingin menikmati suasana pantai yang masih alami, mengunjungi Pnatai Payung di Kampung Tua Melayu Nongsa adalah sebuah pilihan cerdas. Kapan lagi kamu bisa menikmati pantai yang masih minim jamahan wisata orang-orang.

Pantai Cakang

Berbeda dengan dua pantai sebelumnya, pantai yang akan kami ulas kali ini adalah Pantai Cakang yang berada di pulau Galang Baru yang terletak di paling ujung selatan Batam, Kepulauan Riau. Walau letaknya termasuk di area pinggir, namun jangan salah, ada banyak keindahan alam yang bisa kamu nikmati di pantai ini.

Pantai Cakang Batam
Pantai Cakang Batam (ig: nashir.ab)

Walau letaknya bisa dibilang ada di daerah terpencil, namun pantai ini tetap terkelola secara baik oleh warga sekitar sana. Di beberapa titik, Anda dapat menemukan petugas parkir yang berjaga dan petugas tiket masuk, kisaran harga yang dipatok pun terbilang rendah, hanya 5000 rupiah atau paling mahal tidak akan lebih dari 10.000 rupiah saja.

Ada beberapa keindahan alam yang banyak diincar wisatawan dari pantai satu ini, diantaranya; pasir putih, pepohonan rindang, bebatuan alam, serta pemandangan pulau-pulau kecil. Jika Anda berniat berwisata ke pulau ini, jangan lupa untuk membawa kamera serta mengisi daya smartphone Anda hingga penuh ya! Berhubung pantai ini terletak di kawasan pinggiran, dan untuk mencapainya pun, Anda butuh waktu sekitar 2 jam perjalanan dari Kota Batam.

Walau begitu, bisa dibilang Anda tidak rugi kalau memilih untuk mengunjungi pantai ini, walau perjalanannya lumayan, tapi selama perjalanan di Pulau Galang, Anda bisa menikmati suguhan pemandangan pesisir yang tidak kalah indah dan mengasyikkan.

Buat kamu yang sedang menyusun agenda untuk berwisata ke Batam, jangan lupa untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan selama perjalanan baik dari Bandara hingga ke tempat wisata. Untuk tempat bermalam, kamu juga harus memperhatikan apakah pilihan resort di Batam yang kamu tempat sudah memenuhi syarat untuk tetap mamatuhi peraturan keselamatan dan kesehatan sesuai dengan peraturan pemerintah setempat.

Melakukan perjalanan apalagi dengan tujuan wisata di waktu-waktu seperti ini memang bukan hal mudah, tapi, dengan tetap patuh pada arahan serta meminimalisir setiap resiko, ada banyak hal buruk yang bisa kamu hindari. So, stay safe ya!

Write A Comment