Header Ads

Panduan Modifikasi Jupiter Z untuk Kontes

Modifikasi motor Jupiter Z Road Race tetap populer hingga sekarang serta sering disalahgunakan untuk balapan liar. Motor Jupiter Z adalah motor pengeluaran dari Yamaha yang tercatat sebagai motor bebek terlaris di masanya. Yamaha Jupiter Z diproduksi sejak tahun 2003 sampai 2009.

Spesifikasi nya sendiri memakai mesin 4 tak berkapasitas 110.3cc yang bisa mengeluarkan tenaga sebesar 8.8 Horsepower pada putaran 8.000 rpm dan torsi 0.92 kgf.m pada 5.000 rpm. Tenaga dan torsinya termasuk sangat besar, sehingga motor ini sering digunakan untuk balapan road race.
Modifikasi Motor Jupiter Z Untuk Kontes

Motor bebek yang sering digunakan mengikuti kontes modifikasi ini, sering dikreasikan oleh pemiliknya sesuai dengan selera dan budget yang dimiliki. Penerapannya dengan berbagai macam gaya modifikasi, seperti ceper, thailook, hingga drag style. Serta bisa merubah tampilan Jupiter Z dengan menambahkan airbrush yang membalut setiap sisi Jupiter Z dengan grafis keren sesuai dengan konsep yang diusung.

Referensi Modifikasi Jupiter Z

Lalu apa saja Modifikasi dari motor Jupiter Z? Berikut beberapa referensi Modifikasi motor Jupiter Z yang bisa diikuti:

1. Modifikasi Road Race

Modifikasi Jupiter Z road race ini memang lebih condong ke bagian mesin dibandingkan desain. Bagian Knalpot juga wajib dirubah agar power semakin besar dan mengeluarkan suara gahar yang menjadi ciri khas motor road race.

Jupiter z hasil modifikasi (blackxperience.com)
Jupiter z hasil modifikasi (blackxperience.com)

Modifikasi ini hanya dapat dilakukan oleh modifikator profesional yang mengerti tentang mesin. modifikasi motor Jupiter Z road race juga menggunakan suspensi tabung yang akan menjaga kestabilan motor saat beraksi pada kecepatan maksimal. sementara bagian velgnya bisa digunakan velg jari-jari atau velg racing sesuai dengan setingan motor.

2. Modifikasi Dengan Jari-Jari

Yamaha Jupiter Z memang keren diaplikasikan dengan Velg jari-jari. Ada banyak produsen velg berkualitas yang membanderol produknya dengan harga yang tidak menguras kantong, seperti TDRdan Rossi. Serta dengan berbagai pilihan warna velg dan model jeruji sesuai dengan konsep modifikasi yang terapkan. Untuk harga Rata-rata di banderol di bawah 1 Juta Rupiah untuk satu pasang velg lengkap dengan jeruji dan tromol.

3. Modifikasi Racing

Modifikasi ini sangat simple, hanya perlu mengganti knalpot dan memakai ban lebih besar agar tampilan luar motor semakin tampak gahar dan juga sporty. Selain itu, bisa merubah bagian jok dan menggunakan lampu projector yang saat ini trend di kalangan modifikator.

4. Modifikasi Ceper

Modifikasi ini lebih cocok untuk mengikuti kontes. Karena tidak nyaman dipakai harian. Terlebih ban yang dipakai adalah ban cacing yang sangat membahayakan jika di pakai untuk sehari-hari.

5. Modifikasi Air Brush

Untuk modifikasi ini merupakan modifikasi seni. orang berjiwa seni akan mudah membuat airbrush dengan grafis detail dan terkonsep. Tentu saja biaya dari modifikasi airbrush dibanderol cukup mahal, bisa melebihi 2 Juta Rupiah tergantung dari tingkat kerumitan dan warna yang digunakan. Meski begitu biaya yang dikeluarkan untuk airbrush tidak akan terbuang sia-sia, karena hasilnya terlihat semakin keren dan berbeda dari motor pada umumnya.

6. Modifikasi Thailook

Khas modifikasi bergaya Thailook adalah penggunaan velg jari-jari dan ban cacing, yang tentu saja penggunaan ban cacing dilarang oleh pihak kepolisian, akan tetapi banyak yang tetap menggunakannya dengan alasan gaya. Sebenarnya penggunaan ban cacing berbahaya jika digunakan untuk harian. Modifikasi ini biasa hanya di gunakan untuk mengikuti ajang modifikasi atau untuk balapan.

Itulah beberapa referensi dari sekian banyak Modifikasi motor Jupiter Z. Referensi diatas dapat di aplikasi kan dan tentunya sesuai dengan kebutuhan.

No comments

Powered by Blogger.