Header Ads

Cara Benar Modifikasi Motor BeAT Matik

Motor Beat merupakan salah satu jenis motor matic. Penggemar motor ini memang cukup banyak. Sebab cara pengoperasian jenis motor ini bisa dibilang sangat mudah. Begitu pula untuk jenis motor beat juga paling banyak dimodifikasi orang-orang. Bahkan banyak juga yang mengadakan kontes maupun kompetisi modifikasi motor. Oleh sebab itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai tips modifikasi motor beat serta beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memodifikasi.

Hal Terkait Modifikasi Motor BeAT

Sebelum memutuskan untuk memodifikasi motor, bak motor beat ataupun motor matic lainnya ada baiknya perhatikan beberapa hal berikut. Pasalnya ini baik untuk diperhatikan agar dapat menghasilkan modifikasi motor sesuai yang diinginkan.

1. Tentukan Gaya Modifikasi

Ini merupakan tahap awal sebelum memulai modifikasi. Tentukan gaya apa yang akan ditampilkan pada motor setelah dimodifikasi. Jika sudah menentukan gaya modifikasi motor, maka akan mudah untuk melakukan proses modifikasi. Sebab alur, tahapan, serta tujuan dalam memodifikasi sudah terkonsep dengan jelas.

Motor Honda BeAT modifikasi gelap
Motor Honda BeAT modifikasi gelap


2. Tentukan Bagian Yang Akan Dimodifikasi

Jika sudah menentukan gaya, kemudian tentukan bagian mana saja yang akan dimodifikasi. Bagian-bagian yang dapat dipilih misalnya pada velg, ban, body motor, jok, mesin atau bagian-bagian lainnya. Tahap ini akan memudahkan dan mempercepat waktu pengerjaan jika sudah tahu bagian mana saja yang akan dimodifikasi.

3. Persiapkan Biaya

Dalam proses modifikasi motor beat bukanlah dilakukan dean biaya yang murah. Apalagi beberapa bagian tertentu yang harus membutuhkan pengeluaran biaya dalam jumlah banyak. Agar tidak terhenti di tengah proses modifikasi maka sebaiknya persiapkan biayanya terlebih dahulu.

4. Perhatikan Jenis Motor Beat Yang Akan Dimodifikasi

Ada berbagai jenis modifikasi motor beat yang umum dipilih. Mulai dari modifikasi beat sederhana, karburator hingga injeksi. Pada motor beat jenis sederhana dan karburator biasanya modifikasi dilakukan dengan memainkan pola warna pada body motor. Sementara untuk beat injeksi umumnya orang-orang memodifikasi pada bagian body.

5. Pilih Bengkel Modifikasi Terpercaya

Terakhir yaitu pilih bengkel modifikasi yang terpercaya. Kesalahan pemilihan bengkel dalam modifikasi motor dapat merugikan. Sebab dalam proses modifikasi sangat membutuhkan biaya yang tidak sedikit, jika hasil modifikasi tidak sesuai dengan harapan tentu sangat dirugikan karena telah mengeluarkan uang dalam jumlah banyak.

Tips Melakukan Modifikasi Motor Beat

Jika sudah memahami tips-tips sebelum memodifikasi motor pada poin-poin di atas, selanjutnya perhatikan tips berikut. Tips ini dapat diterapkan pada proses modifikasi.

1. Pasang Filter Udara

Pemasangan filter udara bermanfaat agar motor dapat bernafas. Filter ini bermanfaat untuk menghalangi debu dan kotoran agar tidak masuk ke dalam mesin serta melancarkan aliran udara.

2. Ganti Knalpot Yang Bagus

Menggunakan knalpot yang bagus pada motor dapat meningkatkan torsi dan tenaga mesin. Maka ini memungkinkan motor dapat menghirup udara lebih banyak dari mesin. Disamping itu jika kualitas knalpot bagus juga memberikan suara yang agresif pada motor.

3. Lengkapi Motor Dengan Kaca Depan

Kaca depan dapat berfungsi untuk mengurangi turbulensi udara saat motor sedang melaju. Ini akan menstabilkan laju motor saat sedang dikendarai. Kaca depan juga bisa dimodifikasi dean merubah warna kaca film atau memberi stiker agar tampilan menjadi menarik.

4. Gunakan Velg Yang Bagus

Jika ingin memodifikasi pada bagian ban, maka dapat dilakukan dengan mengganti velgnya. Velg menjadi pusat perhatian bagi yang memandangnya. Namun perlu diperhatikan juga pada ketepatan velg dengan ban. Jangan lupa untuk sesuaikan velg dengan ukuran ban agar aman saat berkendara.

5. Pasang Bingkai Slider

Bingkai slider digunakan untuk melindungi frame dan fairings jika terjadi kecelakaan. Selain sebagai aksesoris tambahan dean memasang bingkai slider dapat meminimalisir kerusakan pada bodi motor. Jadi penggunaan frame slider ini dapat memiliki dua keunggulan sekaligus, yaitu keindahan dan kegunaan.

Beberapa tips di atas dapat dipraktekkan untuk memodifikasi motor beat. Memodifikasi motor bukan hanya mementingkan tampilan namun juga harus mengutamakan manfaatnya. Oleh karena itu sebelum melakukan modifikasi sebaiknya persiapkan dengan matang.

No comments

Powered by Blogger.