Thursday, November 9, 2017

Tips Mengatasi Iphone 6 yang Terkena Air Hingga Black Screen


Sobat TechNews semua, pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan fenomena pengguna gadget khususnya di negara tropis seperti Indonesia. Apalagi jika bukan hp yang basah terkena air maupun kemasukan air hingga ke dalam komponennya. Pada tulisan ini, admin akan berbagi sedikit tips mengenai cara mengatasi hp yang terkena air khususnya Iphone 6 dari pengalaman admin sendiri.

Tidak sedikit bagi para pengguna iphone yang langsung panik ketika mendapatkan hp kesayangannya kemasukan air, hal ini wajar mengingat harga serta pentingnya ponsel kita di zaman ini. Namun, ada baiknya kita tidak terburu-buru untuk membawanya ke service center iphone terdekat, karena bisa jadi hp iphone kita bisa diperbaiki dengan tips-tips sederhana berikut ini.


Matikan Iphone Anda

Pertama kali, yang perlu kita lakukan adalah mematikan device handphone kita. Karena, jika tetap menyala, ada kemungkinan air yang masuk mengenai part-part sensitif di dalam hp, untuk mengurangi resiko kerusakan, ada baiknya kita pastikan tidak ada arus listrik yang mengalir di dalam hp kita. Jangan sampai ga sabaran lho, karena bisa fatal akibatnya.

Gunakan Hair Dryer

Kedua, untuk mempercepat proses pengeringan, boleh kita gunakan hair dryer agar ada panas dan air menguap lebih cepat. Namun, penting diperhatikan, jangan sampai udara yang keluar dari hair dryer diarahkan langsung ke device hp. Cukup taruh hp di samping lubang udara dari hair dryer. Hal ini untuk mencegah uap air yang terbawa dari ahir dryer masuk ke dalam hp. Udara panas di sekitar hair dryer sudah cukup membantu mengeringkan device kita kok.

Jangan Terburu-buru Menyalakan Hp

Pengalaman saya, setelah melakukan kedua tahapan di atas, biasanya user dan saya sendiri suka tidak sabar untuk menyalakan hp. Hal ini kadang bisa memperparah kondisi iphone kita, salah satu nya, layar iphone menjadi berbayang hitam, dalam kasus ini, terjadi saat kita terlalu terburu-buru mengisi daya baterai saat air belum sepenuhnya keluar dari device kita.

layar setengah hitam akibat terkena air
Nah, itu dia beberapa tips dari saya jika iphone anda terkena air. Dalam kasus ini, iphone 6 saya terendam air cukup banyak dan mati total (matot) selama beberapa jam. Namun setelah saya bersabar selama 2 hari, ditambah mengeringkan menggunakan hair dryer, walau sempat mengalami black screen, Aalhamdulillah iphone 6 bisa berfungsi normal kembali. Hanya saja, beberapa waktu setelah kejadian tersebut, baterai Hp jadi suka drop dan cepat habis. Gak papa lah ya, yang penting hape nya selamat dan tidak keluar biaya reparasi yang mahal dan resiko data hilang. hhe...

kalau kalian punya tips atau pengalaman yang sama jangan lupa dishare ya kawan TechNews! Semoga Hp Anda bisa kembali menemani keseharian kawan semua :)

Post a Comment

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search